Selasa 04 Feb 2020 19:48 WIB

Kawasan Joglosemar Bersinergi Dongkrak Industri Pariwisata

Kawasan Joglosemar ini menjadi salah satu destinasi prioritas pengembangan pariwisata

Red: Agung Sasongko
Tugu Yogyakarta
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Tugu Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA -- Sinergi kawasan Jogja-Solo-Semarang (Joglosemar) diharapkan mampu mendongkrak perkembangan industri wisata.

“Kawasan Joglosemar ini menjadi salah satu destinasi super prioritas untuk pengembangan pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Maryustion Tonang di Yogyakarta, Selasa (4/2).

Menurut dia, salah satu bentuk sinergi promosi wisata antara Yogyakarta, Solo, dan Semarang akan diwujudkan dalam program Jogjavaganza 2020 Famtrip yang akan digelar pada 10 Februari dengan mengundang sekitar 110 biro perjalanan wisata.

Biro perjalanan wisata akan dikenalkan berbagai potensi destinasi wisata yang ada di ketiga kota tersebut yang bisa dijual ke wisatawan terlebih koneksi jalur darat antara Yogyakarta, Solo dan Semarang sudah cukup bagus sehingga ketiga kota tersebut mudah dikunjungi atau dijadikan sebagai satu paket tur wisata.

“Sinergi promosi wisata ini tentunya akan memberikan keuntungan bagi ketiga kota untuk mengembangkan industri wisata yang mereka miliki,” katanya.

Kota Yogyakarta, lanjut dia, juga terus melakukan pembenahan agar wisatawan tetap tertarik untuk datang dan berwisata di kota tersebut, salah satunya dengan menata jalur pedestrian di Jalan Suroto dan Jalan Jenderal Sudirman.

Keberadaan jalur pedestrian yang sudah tertata di kedua ruas jalan tersebut diharapkan mampu menarik minat wisatawan untuk menjelajahi kawasan cagar budaya Kotabaru. “Wisatawan bisa menikmati suasana Kotabaru yang dipenuhi dengan bangunan bergaya Indis,” katanya.

Selain itu, lanjut Maryustion, kawasan Malioboro masih tetap menjadi magnet utama untuk menarik minat wisatawan datang ke Yogyakarta terlebih kawasan tersebut juga terus berbenah dan diarahkan untuk menjadi kawasan semi pedestrian yang nyaman.

“Pemerintah Kota Yogyakarta juga mengelola Taman Pintar dan nantinya akan ada Taman Pintar Dua di Yogyakarta bagian selatan. Kedua destinasi wisata tersebut juga ikut kami promosikan,” katanya.

Maryustion menyebutkan untuk menjaga agar Yogyakarta tetap diminati sebagai tujuan wisata maka perlu terus melakukan peningkatan kualitas terhadap aspek aksesibilitas, atraksi, kenyamanan dan juga didukung oleh promosi yang gencar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement