Sabtu 17 Oct 2020 07:52 WIB

Programmer Open Source Ciptakan Tadpole Finance

Meski masih percobaan, Tadpole diharapkan dapat merevolusi dunia finansial ke depan,

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Blockchain (ilustrasi). Sekelompok programmer open source baru-baru ini menciptakan 'token cebong' yang diberi nama Tadpole Finance.
Foto: Tech Explore
Blockchain (ilustrasi). Sekelompok programmer open source baru-baru ini menciptakan 'token cebong' yang diberi nama Tadpole Finance.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chief Technology Officer (CTO) Indodax William Sutanto menyampaikan, perkembangan blockchain dan cryptocurrency melahirkan inovasi baru yang berujung pada pembuatan token untuk menjalankan ekosistem blockchain yang dibentuk. Sekelompok programmer open source baru-baru ini menciptakan 'token cebong' yang diberi nama Tadpole Finance.

"Token cebong merupakan inovasi eksperimen Decentralized Finance (DeFi) berbasis blockchain yang berjalan otomatis tanpa ada perusahaan yang mengatur," kata William, Jumat (16/10).

Baca Juga

Tadpole Finance didirikan atas dasar tingginya minat DeFi di dunia aset kripto. Meskipun masih experiment project di bidang blockchain, Tadpole diharapkan dapat merevolusi dunia finansial ke depannya.

Proyek ini diharapkan dapat menjawab kebutuhan para pengembang blockchain yang membutuhkan ekosistem. Adanya proyek ini, William berharap pengembang atau pegiat teknologi di Indonesia bisa melek dengan dunia blockchain.

"Blockchain adalah sebuah sistem yang dapat menjadi solusi di banyak hal, misalnya dalam perekonomian dan finansial. Dengan adanya Tadpole Finance, iklim blockchain dan DeFi di Indonesia diharapkan dapat terus berkembang," ucapnya.

Chief Executive Office (CEO) Indodax Oscar Darmawan menambahkan, ekosistem Tadpole berbentuk sistem open source di mana setiap orang dapat mengembangkannya. Hal ini karena aplikasi ini bersifat desentralisasi, sehingga perusahaan tidak bisa mengontrolnya lantaran seluruh prosesnya bersifat otomatis. 

Tadpole Finance adalah salah satu inovasi blockchain terbaru yang bersifat desentralisasi dan tidak terhubung dengan sistem perbankan lantaran ekosistem ini murni di aset kripto. Para pengembang yang memiliki kemampuan di blockchain programming juga bisa ikut mengembangkan sistem Tadpole.

"Pengguna bisa melakukan deposit maupun pinjaman dengan token erc20 apapun yang ada di jaringan Ethereum," kata Oscar.

Dalam menjalankan ekosistemnya, Tadpole Finance memiliki token atau aset kripto bernama TAD yang dibagikan gratis ke setiap pemegang aset kripto (holder) Tokenomy (TEN). Pasokannya pun terbatas, hanya sebanyak satu juga TAD saja.

Karena efek pembagian token TAD secara gratis ke pemegang token TEN sendiri terlihat memberikan efek kenaikan lebih dari 100 persen ke harga token TEN dalam dua hari terakhir. "Masih terlihat terus kenaikan harga karena potensi token DeFi yang sangat besar," ucap Oscar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement