Sabtu 21 Nov 2020 17:37 WIB

Ahli Gizi Jelaskan Mengapa Protein Penting Bagi Tubuh

Salah satu gizi yang paling dibutuhkan tubuh adalah protein.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Salah satu gizi yang paling dibutuhkan tubuh adalah protein (Foto: ilustrasi)
Foto: picpedia.org
Salah satu gizi yang paling dibutuhkan tubuh adalah protein (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu gizi yang paling dibutuhkan tubuh adalah protein. Itu sebabnya kebutuhan protein harus terus dipenuhi di dalam pola makan sehari-hari.

Dilansir di laman Lacucinaitaliana, Sabtu (21/11), pola makan kita terkadang kurang dalam memenuhi kebutuhan protein. Padahal, menyajikan protein yang berasal dari hewani dan nabati di atas meja sangat penting untuk tetap bugar dan sehat.

Baca Juga

Ahli Gizi Nicoletta Bocchino mengatakan, protein hendaklah seimbang dengan karbohidrat dan lemak. Ketiganya adalah makronutrien penting bagi organisme. 

"Mereka terlibat dalam proses metabolisme yang memungkinkan Anda mendapatkan energi,” jelas Bocchino.

Makanan-makanan itu juga penting untuk membangun dan memelihara massa otot. Asam amino esensial yang dikandungnya adalah komponen fundamental dari otot, sel, dan jaringan, termasuk kulit dan rambut.

Ketiganya juga memiliki efek kenyang yang bagus. Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, maka akan memodulasi kadar gula darah dan memberikan rasa kenyang. Bahkan, ketiganya bagus untuk meningkatkan mood

Bocchino menyarankan untuk memprioritaskan protein, karbohidrat, dan lemak. Namun, pilihlah makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Ambil protein yang berasal dari hewani dan nabati untuk memastikan makanan yang bervariasi dan lengkap.

“Penting juga untuk tidak pernah mengasosiasikannya dalam makanan yang sama dan memakan makanan-makanan itu saat makan siang dan makan malam dikombinasikan dengan sayuran yang memungkinkan meningkatkan pencernaan,” jelas Bocchino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement