Kamis 01 Apr 2021 05:55 WIB

Adab Traveling Bagi Muslim

Hendaknya perbekalan safar atau traveling dipersiapkan dari harta yang halal.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Adab Traveling Bagi Muslim
Foto: Republika
Adab Traveling Bagi Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam bertamasya (traveling/safar), seorang Muslim tak dilepaskan dari kewajiban ibadah individualnya seperti sholat, namun diberikan keringanan. Dan adab-adab seorang Muslim pun seyogyanya dapat terus dilakukan sepanjang bertamasya.

Syekh Abu Bakar Jabir Al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menjelaskan, seorang Muslim baiknya menjalankan beberapa adab berpergian. Pertama, hendaknya ia mengembalikan barang-barang tanggungan dan titipan (yang ada padanya) kepada para pemiliknya. Sebab dalam traveling/safar, bisa menjadi penyebab kematian baginya.

Baca Juga

Kedua, hendaknya perbekalan safar dipersiapkan dari harta yang halal dan menyisakan nafkah untuk orang-orang yang wajib ia nafkahi, seperti istri, anak, dan orang tua. Ketiga, hendaknya yang bersangkutan berpamitan kepada keluarga, saudara-saudara, sahabat, serta koleganya. Kemudian dia juga seyogyanya berdoa. 

photo
Infografis Meditasi, Bolehkah Dilakukan Muslim? - (Republika.co.id)

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ اِذَا جَاۤءَكَ الْمُؤْمِنٰتُ يُبَايِعْنَكَ عَلٰٓى اَنْ لَّا يُشْرِكْنَ بِاللّٰهِ شَيْـًٔا وَّلَا يَسْرِقْنَ وَلَا يَزْنِيْنَ وَلَا يَقْتُلْنَ اَوْلَادَهُنَّ وَلَا يَأْتِيْنَ بِبُهْتَانٍ يَّفْتَرِيْنَهٗ بَيْنَ اَيْدِيْهِنَّ وَاَرْجُلِهِنَّ وَلَا يَعْصِيْنَكَ فِيْ مَعْرُوْفٍ فَبَايِعْهُنَّ وَاسْتَغْفِرْ لَهُنَّ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
Wahai Nabi! Apabila perempuan-perempuan yang mukmin datang kepadamu untuk mengadakan bai‘at (janji setia), bahwa mereka tidak akan mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Allah; tidak akan mencuri, tidak akan berzina, tidak akan membunuh anak-anaknya, tidak akan berbuat dusta yang mereka ada-adakan antara tangan dan kaki mereka dan tidak akan mendurhakaimu dalam urusan yang baik, maka terimalah janji setia mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Mumtahanah ayat 12)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement