Jumat 14 May 2021 13:15 WIB

Pengunjung Rakaikan Kebun Binatang Bandung, Besok Puncaknya

Saat puncak kunjungan ke Bazoga diprediksi jumlah mencapai 6 ribu wisatawan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Pengunjung memberi makanan ke jerapah di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengunjung memberi makanan ke jerapah di Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masyarakat di Bandung dan sekitarnya, masih memilih Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) sebagai tempat untuk bertamasya menghabiskan waktu liburannya. Namun, jam operasional kebun binatang atau Bazoga dibatasi mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Menurut Marcom Bazoga Sulhan Syafi'i, sejak hari pertama Hari Raya Idul Fitri, Kamis (14/5) sudah banyak pengunjung yang datang ke Bazoga. Yakni, mencapai 1.100 pengunjung. Di hari kedua lebaran pun, masyarakat kembali ramai mengunjungi Bazoga.

"Sekarang hari kedua lebaran, sejak pagi hari Bazoga sudah ramai dikunjungi. Tapi, kalau prediksi puncak kunjungan terjadi besok Sabtu dan Minggu," ujar Sulhan yang akrab disapa Aan kepada Republika, Jumat (14/5).

Aan mengatakan, saat puncak kunjungan ke Bazoga diprediksi jumlah kunjungannya mencapai 6 ribu dalam satu hari. Kalaupun target ini tercapai, Aan menjamin masih akan sesuai kapasitas yang dibolehkan berwisata saat pandemi. Yakni, menerima kunjungan hanya dengan kapasitas 50 persen.

"Kan Bazoga ini kapasitasnya sampai 12 ribu. Jadi, masih sesuai yang disyaratkan kalau target perhari 6 ribu kunjungan," katanya.

Sebelum menerima wisatawan saat libur lebaran kali ini, kata dia, Bazoga telah melakukan berbagai persiapan. Seperti pengecatan beberapa kandang baru. Kemudian, ada beberapa kandang baru seperti kandang singa terbuka.

"Ada juga pemberian makan jerapah binturung. Serta, ada atraksi rutin satwa di lapangan utama pukul 10.30 dan 14.30 WIB, gratis untuk semua pengunjung," katanya.

Fasilitas lainnya, menurut Aan, ada juga satwa tunggang seperti gajah tunggang dan onta Tunggang. Untuk tiket masuk selama libur lebaran, yang diberlakukan masih tetap yakni Rp 50.000. Semua pengunjung akan dikenakan tiket untuk yang memiliki tinggi 80 Cm ke atas.

"Kami akan memperketat protokol kesehatan dan setiap hari juga ada teman-teman dari Satgas satpol PP dari Kota Bandung dan juga unsur lainnya," katanya.

Aan menjelaskan, aktivitas lainnya yang bisa dilakukab adalah berfoto-foto dengan burung, binturung dan ular. Bahkan, pengunjung juga bisa masuk kubah burung dan bisa memberi makan burung di tempat tersebut. 

"Jam operasional kebun binatang atau Bazoga mulai dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore," katanya.

Menurut Aan, agar pelayanan ke pengunjung optimal, pihaknya sudah menambah karyawan harian yang akan bekerja selama 10 hari.

"Kami menambah karyawan harian lebih dari 30 orang terutama di bagian portir dan penjualan loket," kata Aan.

Menurutnya, bagi pengunjung yang lapar, Bazoga juga sudah menyiapkan restoran dan makanan cepat saji di tempat piknik dan juga di area restoran.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement