Selasa 27 Jul 2021 20:26 WIB

FEB Uhamka Gelar International Summer Course 2021

Webinar berskala internasional tu dihadiri mahasiswa dari luar negeri.

Red: Irwan Kelana
Uhamka menggelar Internationl Summer Course 2021.
Foto: Dok Uhamka
Uhamka menggelar Internationl Summer Course 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar pembukaan kegiatan Summer Course 2021, Senin (26/7). Acara yang direncanakan digelar selama lima hari ini mengusung tema “Digital Innovation for Islamic Financial Inclusion”. Kegiatan berisi webinar ini merupakan acara berskala internasional yang pertama kali diadakan oleh FEB Uhamka. 

Acara dibuka oleh Prof  Dr  H  Gunawan Suryoputro M Hum selaku rektor Uhamka. Gunawan menyatakan, digelarnya acara ini merupakan suatu kebanggaan bagi Uhamka.

“Acara ini merupakan kebanggaan bagi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, khususnya Program Studi Ekonomi Islam yang baru berumur lima tahun,” ujar Gunawan dalam sesi pembukaan acara seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dr  Zulpahmi SE  MSi selaku dekan FEB Uhamka menyatakan,  dengan keberanian ini Program Studi Ekonomi Islam FEB Uhamka  bisa lebih berkembang dan menyusul Program Studi lain dalam hal prestasi.

“Acara ini juga sekaligus mendorong teman-teman untuk belajar bagaimana menjadi seorang Muslim yang baik dengan mulai belajar bermuamalah sesuai syariat,” kata Zulpahmi.

Tak hanya itu. Rahmatina Awaliyah Kasri PhD selaku perwakilan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) menyatakan merasa bangga bisa bekerja  sama dengan institusi Pendidikan seperti Uhamka dalam melaksanakan seminar terkait ekonomi dan keuangan Islam. 

“Harapan saya, ke depan bisa terus melakukan kolaborasi hal yang serupa,” Ucap Rahmatina dalam acara ini ketika diminta untuk memberikan sambutan.

Hari pertama acara yang dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri sebanyak 85 peserta dari berbagai kalangan baik dari dalam maupun luar negeri. Materi terkait “Capital Market: Digitalization and Disruption on Islamic Capital Market” yang disampaikan oleh Dr. Yadi Nurhayadi MSi sangat menarik. Hal itu  terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan.

Ketua pelaksana sekaligus Ketua Program Studi Ekonomi Islam FEB Uhamka, Ummu Salma Al Azizah, SEI MscFin  CFP mengemukakan bahwa pengetahuan dan pengalaman yang didapat dari acara ini akan memberikan manfaat bagi peserta terutama untuk memahami peran dasar sistem ekonomi dan keuangan Islam dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اِنْ كَانَ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْ وَاِخْوَانُكُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَاَمْوَالُ ِۨاقْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَآ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَجِهَادٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَبَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَمْرِهٖۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ ࣖ
Katakanlah, “Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai dari pada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.

(QS. At-Taubah ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement