Selasa 11 Jan 2022 12:19 WIB

China Siap Pakai Mata Uang Digital Saat Olimpiade Musim Dingin di Beijing

Sebanyak 140 juta orang telah mendaftar untuk akun yuan digital pada awal November.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
 Seorang karyawan menghitung Yuan di money changer (ilustrasi). China meluncurkan yuan digitalnya kepada para atlet dan penonton menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing.
Foto: EPA-EFE/Bagus Indahono
Seorang karyawan menghitung Yuan di money changer (ilustrasi). China meluncurkan yuan digitalnya kepada para atlet dan penonton menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China meluncurkan yuan digitalnya kepada para atlet dan penonton menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini untuk menarik mata uang virtual di kalangan orang asing.

Seperti dilansir dari laman Bloomberg, Selasa (11/1/2022) dengan kurang dari sebulan tersisa sebelum kickoff, dan acara tersebut sudah dibebani oleh boikot diplomatik dan ancaman wabah virus, China ingin menggunakan Olimpiade untuk menunjukkan pengaruh yuan digital secara global.

Baca Juga

Pengunjung dapat mengunduh aplikasi atau mendapatkan kartu fisik yang menyimpan yuan digital, atau mengubah uang kertas asing menjadi e-CNY di mesin swalayan, menurut Bank of China, pemberi pinjaman negara dan mitra resmi permainan.

Atlet dan pelatihnya berhak mendapatkan gelang yang berfungsi sebagai dompet elektronik dan dapat digesek untuk membayar barang atau jasa.

Apakah atlet asing mengadopsi yuan digital masih harus dilihat mengingat meningkatnya ketegangan politik sekitar pertandingan dan kekhawatiran atas risiko data. Ada tiga Senator Republik AS pada Juli meminta Komite Olimpiade AS untuk melarang atlet Amerika menggunakan yuan digital, dengan alasan spionase dan masalah keamanan data.

Salah satu cabang Dewan Komisaris di Olympic Village di Beijing, sebuah video promosi diputar berulang-ulang di layar lebar untuk menampilkan mata uang elektronik.

Toko serba ada, kafe, dan pedagang lain di dalam Desa Olimpiade - tempat para atlet akan tinggal dan menghabiskan waktu luang mereka - dilengkapi dengan mesin yang menerima pembayaran yuan digital, serta toko-toko di stasiun kereta api di dekat tempat pertandingan.

Qu Songming, seorang manajer tim operasi Desa Olimpiade di Beijing, mengatakan pembayaran akan dibatasi hanya untuk beberapa metode. Khususnya, Alipay dari Alibaba Group dan WeChat Pay dari Tencent Holdings Ltd. - yang keduanya mendukung e-CNY - tidak akan tersedia di desa tersebut.

“Satu-satunya metode pembayaran adalah uang tunai renminbi, kartu Visa, dan yuan digital di semua tempat kompetisi dan non-kompetisi selama Olimpiade,” kata Qu. Visa adalah sponsor kompetisi.

Olimpiade Musim Dingin, yang secara resmi dimulai pada 4 Februari, dipandang sebagai kesempatan bagi Bank Rakyat China untuk meningkatkan kesadaran tentang e-CNY setelah membuat kemajuan yang mantap dengan uji coba sekitar selusin wilayah di seluruh negeri sejak 2020.

Sebanyak 140 juta orang telah mendaftar untuk akun yuan digital pada awal November, menurut pejabat, meskipun penduduk masih sangat bergantung pada Alipay dan WeChat Pay untuk pembayaran harian mereka. Kedua aplikasi mendukung pembayaran yuan digital sekarang, setelah Tencent meluncurkan layanan e-CNY di WeChat minggu lalu. Sejumlah raksasa Internet lainnya termasuk JD.com, Trip.com Group Ltd. dan Meituan juga menerima pembayaran e-CNY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement