Selasa 20 Feb 2024 10:12 WIB

Bank Sentral China Turunkan Suku Bunga KPR, Kapan di Indonesia?

Penjualan properti di China turun 6,5 persen pada tahun 2023.

Red: Firkah fansuri
  Seorang wanita yang mengenakan masker berjalan di samping bank di Beijing, Tiongkok, 22 Januari 2024. Bank Sentral China menurunkan suka bunga KPR 25 basis poin, Selasa (20/2/2024).
Foto: EPA-EFE/WU HAO
Seorang wanita yang mengenakan masker berjalan di samping bank di Beijing, Tiongkok, 22 Januari 2024. Bank Sentral China menurunkan suka bunga KPR 25 basis poin, Selasa (20/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI -- Bank sentral China hari ini, Selasa (20/2/2024), memangkas suku bunga hipotek lima tahun untuk meningkatkan perekonomian yang terbebani oleh tertekannya sektor properti dan lemahnya kepercayaan bisnis.

Bank Rakyat China menurunkan suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) lima tahun menjadi 3,95 persen, dari 4,2 persen, menandai penurunan pertama sejak Juni lalu.

Baca Juga

Bank tersebut diperkirakan akan menurunkan suku bunga pinjaman satu tahun dari 3,45 persen untuk mengurangi biaya pinjaman korporasi, namun bank tersebut tidak mengubah suku bunganya.

Pemotongan suku bunga KPR sebesar 25 basis poin merupakan yang terbesar sejak Agustus 2019, yang mencerminkan seruan para pelaku pasar di masa lalu untuk melakukan langkah-langkah lebih lanjut guna menopang permintaan properti. Suku bunga tersebut telah diturunkan sebesar 10 basis poin pada bulan Juni.

Banyak juga yang menganggap langkah-langkah tersebut perlu untuk membangun momentum ekonomi setelah pertumbuhan yang tidak merata pada tahun 2023, meskipun pembatasan ketat Covid-19 di Tiongkok telah berakhir.

Beijing melaporkan pertumbuhan sebesar 5,2 persen untuk tahun lalu, namun Dana Moneter Internasional (IMF) baru-baru ini memperkirakan pertumbuhan China akan melambat menjadi 4,6 persen pada tahun 2024.

Awal bulan ini, kewajiban cadangan bank komersial juga dikurangi setengah poin persentase, membebaskan 1 triliun yuan (140 miliar dolar AS) modal jangka panjang untuk meningkatkan likuiditas.

Konsumen tampaknya telah mendapatkan kembali minat belanjanya, setelah data pariwisata selama liburan Tahun Baru Imlek baru-baru ini mengalahkan tingkat sebelum pandemi pada tahun 2019. Namun konsumsi yang berkelanjutan masih menjadi tanda tanya besar, kata Louise Loo, ekonom di Oxford Economics, sehingga pelonggaran jelas diperlukan, di tengah berlanjutnya penurunan properti dan masih lemahnya kepercayaan konsumen.

Aktivitas pabrik di China kembali melambat pada bulan lalu, dengan indeks manajer pembelian yang menjadi acuan hanya menunjukkan sedikit peningkatan dalam pesanan baru. Indeks harga konsumen mencatat penurunan bulanan paling tajam dalam 14 tahun, sebesar 0,8 persen, sehingga meningkatkan kekhawatiran deflasi.

Penjualan properti turun 6,5 persen pada 2023, melanjutkan penurunan yang dimulai dua tahun sebelumnya, setelah pemerintah memperketat pengawasan terhadap pengembang real estat untuk mencegah pinjaman berlebihan.

Pada Ahad, bank sentral mempertahankan fasilitas pinjaman jangka menengahnya tidak berubah meskipun pasar mengharapkan penurunan untuk meningkatkan likuiditas di sektor perbankan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement