Rabu 15 Jun 2022 11:34 WIB

Kementerian LHK Apresiasi UMM Rawat Hutan Hibah

UMM harus mampu melibatkan seluruh sivitas akademika yang dimiliki terutama fakultas

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Universitas Muhammadiyah Malang menerima kedatangan tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beberapa waktu lalu
Foto: humas umm
Universitas Muhammadiyah Malang menerima kedatangan tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beberapa waktu lalu

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang menerima kedatangan tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Juni lalu. Kunjungan tersebut merupakan bagian dari monitoring untuk Kawasan Hutan Pujon seluas 79 hektar yang merupakan hibah dari KLHK untuk UMM. 

Rombongan KLHK yang dipimpin oleh Erfan Noor Yulian, S.Hut, M.Si. selaku Pengembangan Teknologi Pembelajaran Ahli Muda menilai jika UMM sudah bagus dalam aspek pengelolaan hutan. Ia juga memuji rancangan jangka panjang mapun jangka pendek dari Pujon Hill garapan Kampus Putih UMM. “Secara umum sudah sangat baik. Tinggal bagaimana secara holistik bisa dikerjakan secara nyata. Yang terpenting dari pengelolaan hutan yakni bagaimana pelaksanaan bisa sesuai dengan fungsinya,” jelasnya dalam siaran pers, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga

Erfan menilai beberapa aspek seperti kesesuaian pengelolaan Kawasan hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK). Selain itu juga menilai apakah pelaksanaannya benar atau malah melenceng dari tujuan utama. Jika melenceng, maka ini akan memberikan kerugian apalagi apabila digunakan untuk profit semata.

Ia juga menambahkan, pengelolaan hutan tidak bisa dijalankan sendiri. UMM harus mampu melibatkan seluruh sivitas akademika yang dimiliki terutama fakultas. Dengan begitu, seluruh fakultas dapat menerapkan dan memanfaatkan hutan sesuai dengan kelimuannya. Keterlibatan masyarakat sekitar juga harus dilakukan. Kemudian Pujon Hill tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi juga masyarakat luas.

Menurut dia,  pengelolaan UMM atas Pujon Hill sudah bagus. Perawatannya juga berjalan dengan baik. Meskipun jika dilihat dari aspek topografi cukup curam, diapercaya Kampus Putih UMM dapat mereboisasi dengan baik untuk mencegah bencana longsor."Saya berharap UMM bisa memanfaatkan lahan yang telah dihibahkan sesuai fungsi pendidikan, pelatihan serta riset,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengelola Pujon Hill UMM, Tatag Muttaqin mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan upaya besar. Salah satunya dengan melakukan tata batas di area hutan. Kemudian juga sudah menyusun Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP). 

Tatag bersyukur pihak KLHK mengapreasiasi upaya dan usaha yang timnya lakukan. Pihak UMM juga memiliki keinginan besar dan rencana terstruktur untuk menjadikannya sebagai kawasan pendidikan. Begitupun dengan laboratorium sebagai sarana penelitian mahasiswa, dosen, maupun masyarakat.“Saat ini, kami juga sudah membangun rumah atsiri yang nantinya akan dijadikan sebagai kegiatan penelitian dan pengembangan,” kata dia.

Tatag berharap semua rencana yang sudah disiapkan bisa segera terealisasi. Hal ini terutama aspek-aspek menebarkan manfaat luas serta mampu dan memberikan kesejahteraan bagi semua yang terlibat. Dalam hal ini, baik dari segi pendidikan, sosial maupun ekonomi. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement