Selasa 21 Jun 2022 21:21 WIB

Berencana Traveling? Tiga Minyak Esensial Ini Wajib Masuk Tas Kamu

Minyak esensial mampu mengatasi keluhan yang mungkin muncul saat liburan.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Partner
.
.

Ilustrasi minyak esensial. Berencana Traveling? Tiga Minyak Esensial Ini Wajib Masuk Tas Kamu. Foto: Pixabay
Ilustrasi minyak esensial. Berencana Traveling? Tiga Minyak Esensial Ini Wajib Masuk Tas Kamu. Foto: Pixabay

MAGENTA -- Ada saja hal yang tidak terduga terjadi saat kita melakukan perjalanan. Ada kalanya kita gugup ketika akan terbang. Atau mungkin kamu mabuk perjalanan?

Tidak perlu membawa seluruh isi kotak P3K pribadi kamu. Tiga jenis minyak esensial ini bisa jadi teman sempurna untuk keluhan kulit musim panas serta masalah kesehatan ringan, seperti dilansir di Malay Mail, Selasa (21/6/2022).

Berencana Traveling? Tiga Minyak Esensial Ini Wajib Masuk Tas Kamu

Minyak peppermint

Minyak esensial peppermint saja dapat menyelamatkan kamu dari banyak situasi yang tidak menyenangkan saat liburan karena manfaatnya yang tak terhitung banyaknya. Tersedia dalam botol-botol kecil, mulai dari 10 ml, obat ini dapat dibawa-bawa di bagasi, juga di kabin.

Dianggap sebagai stimulan, minyak esensial peppermint memiliki aroma segar dan mencolok yang dapat memberi kamu dorongan ketika tingkat energi hampir habis. Minyak esensial ini dapat membantu menenangkan sakit kepala, pusing, sinusitis, rinitis dan bahkan sakit telinga.

Semua itu berkat sifat dekongestannya. Minyak peppermint juga dapat membantu orang dewasa dan anak-anak usia tertentu mengatasi mabuk perjalanan, termasuk mabuk laut.

Hal ini juga dianjurkan dalam kasus gangguan pencernaan, mual dan muntah. Minyak esensial ini bahkan bisa meredakan gatal dan gigitan nyamuk yang tak terhindarkan.


Minyak lavender

Perlindungan matahari yang tepat melindungi kamu dari efek berbahaya sinar UV. Tidak ada yang kebal terhadap sengatan matahari, terutama selama beberapa hari pertama paparan.

Jika Anda terbakar sinar matahari, minyak esensial lavender akan menjadi teman terbaik. Dikenal karena khasiatnya yang memperbaiki dan menenangkan, ia akan menenangkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sengatan matahari dan akan membantu kulit untuk beregenerasi lebih cepat. Ini juga berlaku untuk kulit yang teriritasi atau gatal.

Secara umum, minyak esensial lavender adalah pendamping yang baik untuk kulit sensitif, yang lebih rentan terhadap eksim atau psoriasis, misalnya. Dan, seperti minyak peppermint, lavender dapat meredakan sakit kepala, mual, dan gangguan pencernaan tertentu. Kamu tentu nggak mau kan kesenangan liburan terenggut gara-gara sakit?


Minyak tea tree

Kamu mungkin sudah memiliki minyak tea tree di lemari untuk membersihkan kulit dan, khususnya, untuk melawan noda tertentu. Tetapi minyak esensial ini mampu mengatasi beberapa penyakit ringan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat mengganggu perjalanan.

Sariawan, infeksi telinga, pilek, sinusitis, sakit tenggorokan, gigi berlubang, sariawan, bahkan infeksi saluran kemih, adalah beberapa keluhan yang dapat diredakan dengan minyak tea tree. Ketika digunakan secara sinergis dengan minyak esensial lainnya, bahkan dapat digunakan sebagai deodoran atau gel antiseptik, meringankan koper Anda sedikit di musim panas ini.

Perhatikan ketika memilih minyak esensial. Lebih baik menggunakan produk alami dan organik yang bersumber secara lokal jika memungkinkan. Hal yang nggak kalah penting adalah membaca petunjuk penggunaan dengan hati-hati dengan memperhatikan kontraindikasi apa pun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement