Selasa 12 Jul 2022 17:43 WIB

Rodri Teken Kontrak Anyar Bersama Man City

Rodri mampu menjadi pengganti dari Fernandinho yang sudah mulai uzur.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Manchester City Rodri. Man City memperpanjang kontrak Rodri musim ini.
Foto: AP/Dave Thompson
Gelandang Manchester City Rodri. Man City memperpanjang kontrak Rodri musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Gelandang bertahan asal Spanyol, Rodri, resmi memperpanjang kontrak dengan Manchester City selama tiga tahun. Rodri diharapkan bisa terus memperkuat juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut hingga 30 Juni 2027.

Sebelumnya, kontrak gelandang bertahan berusia 26 tahun itu tinggal tersisa dua tahun. Namun, manajemen the Citizens menawarkan tambahan durasi kontrak selama tiga tahun dalam kontrak anyar tersebut. Dengan begitu, kontrak Rodri bersama Man City akan berakhir pada Juni 2027 mendatang.

Baca Juga

''Kami meraih banyak kesuksesan sejak saya berada di sini. Torehan ini tentu membuat saya bangga dan terus merasa lapar akan kesuksesan. Man City menawarkan saya kesempatan untuk meraih berbahagia titel bergengsi. Karena itu, saya senang bisa terus bertahan di klub ini lebih lama lagi,'' kata Rodri seperti dilansir laman resmi klub, Selasa (12/7/2022).

Ditebus dari Atletico Madrid dengan nilai pelepasan mencapai 62,2 juta poundsterling, Rodri mulai memperkuat the Citizens pada awal musim 2019/2020. Tidak perlu waktu lama, eks gelandang Villarreal itu langsung menjadi pilihan utama pelatih Man City, Pep Guardiola, untuk mengisi posisi gelandang bertahan.

Rodri mampu menjadi pengganti dari Fernandinho, yang sudah mulai uzur. Selama tiga musim memperkuat the Citizens, Rodri mengemas 151 penampilan dan menyumbang 13 gol serta sembilan assist.

Pada musim lalu, Rodri tercatat hanya absen di lima laga di pentas Liga Primer Inggris dan mengemas tujuh gol dan dua assist. Torehan tujuh gol pada sepanjang musim lalu merupakan catatan gol terbanyak Rodri selama mengenakan seragam the Citizens. Secara keseluruhan, Rodri telah tampil di 46 laga di semua ajang pada musim lalu.

Dua titel Liga Primer Inggris dan dua titel Piala Liga Inggris menjadi persembahan Rodri buat Man City. Pun dengan keberhasilan mengantarkan Man City ke partai final Liga Champions musim 2020/2021.

Direktur Olahraga Man City, Txiki Begiristain, membeberkan alasan manajemen the Citizens untuk memperpanjang kontrak Rodri tidak terlepas dari tren positif perkembangan kemampuan di pemain. Sejak datang ke Man City, ujar Begistirian, Rodri selalu mampu menunjukkan konsistensi performa dan perkembangan yang cukup pesat.

''Jadi, kami senang dengan kesepakatan kontrak baru ini. Dia adalah contoh yang tepat untuk pesepak bola profesional. Dia adalah tipe pemain yang diinginkan pelatih. Dia terus berkembang sejak datang ke sini. Buat kami, dia adalah pemain terbaik di dunia pada posisinya,'' kata Begiristain.

Kendati begitu, Rodri dihadapkan dengan tantangan baru pada musim depan. Gelandang bertahan timnas Spanyol itu akan mendapatkan persaingan secara langsung dari Kalvin Phillips dalam memperebutkan satu posisi di tim inti the Citizens. Phillips direkrut Man City dari Leeds United dengan banderol transfer mencapai 42 juta poundsterling pada musim panas kali ini.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement