Rabu 31 Aug 2022 08:43 WIB

Sebanyak 3.000 Nakes di Kabupaten Tangerang Terima Vaksin Dosis Keempat

Vaksinasi booster kedua untuk nakes sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.
Foto: Dok Pemkab Tangerang
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang menyatakan, sebanyak 3.000 orang dari tenaga kesehatan (nakes) di wilayahnya telah menerima vaksinasi Covid-19 dosis tahap keempat atau booster kedua.

"Kemarin kita sudah jalan, sekarang tercatat sekitar 3.000 orang nakes yang sudah terima vaksin booster kedua," ucap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi kepada wartawan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (31/8/2022).

Dia mengatakan, dari 3.000 orang yang telah menerima vaksin booster kedua saat ini, belum sepenuhnya masuk dalam target sasaran nakes di Kabupaten Tangerang. "Jadi jumlah ini belum banyak (nakes) terima vaksin, karena memang jumlah dosis yang di alokasikan dari Pemprov juga belum banyak," kata Hendra.

Dia menyebutkan, dalam pemberian vaksin Covid-19 tahap keempat tersebut sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes No.HK.02.02/C/3615/2022 tentang Vaksinasi Covid-19. Sehingga, pihaknya telah menargetkan sebanyak 11.300 orang nakes jadi sasaran booster kedua "Ya memang surat edaran dari Kemenkes ini (terkait vaksin booster kedua nakes) sudah kita terima. Dan kita sudah pendataan untuk alokasi ke 11.300 orang nakes," ujar Hendra.

Dia menuturkan, teknis pelaksanaan dalam pemberian vaksinasi dosis penguat kedua untuk ribuan sumber daya manusia (SDM) kesehatan seperti dokter, perawat, dan pegawai rumah sakit itu dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan serta di pos pelayanan vaksinasi Covid-19. Selain itu, lanjut dia, pada penyelenggaraan tahapan vaksinasi nakes, tidak ada target penyelesaian yang ditentukan.

Karena, sejauh ini Dinkes Kabupaten Tangerang masih terfokus untuk merampungkan program Bulanan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). "Kita tidak ada target, karena saat ini dinas kesehatan masih melaksanakan giat imunisasi anak. Mungkin, setelah itu selesai kita akan genjot vaksinasi nakes," tutur Hendra.

Berdasarkan data Dinkes Kabupaten Tangerang, capaian vaksinasi Covid-19 tahap pertama saat ini sudah melebihi dari target 70 persen. Warga yang kini telah mendapatkan dosis vaksin mencapai 2,2 juta lebih atau sekitar 80 persen dari target sasaran 2,8 juta jiwa.

Sedangkan, capaian vaksinasi dosis lengkap atau tahap ke dua sudah tercatat sebanyak 1,9 juta jiwa atau 67,5 persen. Kemudian, untuk capaian vaksinasi booster atau tahap ketiga kini baru sebanyak 653.189 ribu jiwa atau mencapai 29.7 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement