Tips Mudik Aman dan Nyaman agar Puasa Tetap Lancar

Sebagian umat Islam kini sudah mulai berangkat mudik.

network /Shelbi Asrianti
.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Partner
Ilustrasi keluarga siap berangkat mudik. (Dok Pegipegi)

SENANDIKA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian Muslim yang akan merayakan Idul Fitri telah melakukan mudik dengan berbagai moda transportasi. Kementerian Perhubungan memperkirakan sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan selama periode Lebaran 2023.


Aktivitas mudik tentunya membutuhkan persiapan matang karena para pemudik melakukan perjalanan jauh dengan barang bawaan yang tidak sedikit. Agar mudik aman dan nyaman, juga kualitas puasa tetap terjaga meski sedang dalam perjalanan mudik, berikut tips dari Pegipegi.

- Packing saat Malam Hari

Pada saat mudik, seseorang menghabiskan waktu yang cukup lama di kampung halaman. Artinya, diperlukan barang bawaan yang tidak sedikit, belum lagi oleh-oleh untuk keluarga. Packing memerlukan tenaga dan ketelitian ekstra sehingga bawaan bisa lebih rapi dan mudah dibawa saat perjalanan. Packing sebaiknya dilakukan saat malam hari setelah berbuka, ketika sudah punya tenaga lebih.

- Menu sahur sehat dan porsi cukup

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan tidak melewatkan makan sahur. Mudik membutuhkan energi, karena biasanya sarana transportasi umum sangat padat dan harus berjibaku dengan pemudik lain. Maka dari itu, pastikan mengonsumsi makanan sehat dan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga.

- Konsumsi multivitamin

Terkadang, makanan sehat saja belum cukup. Jika perlu, tambahkan asupan multivitamin sebagai cadangan energi saat mudik. Kaum hawa bisa memilih multivitamin yang mengandung asam folat dan zat besi, sedangkan pria disarankan mengonsumsi suplemen yang kaya vitamin dan mineral.

- Berangkat di malam hari

Jika perjalanan berlangsung cukup panjang, sebaiknya berangkat mudik di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan pemudik untuk bisa beristirahat secara optimal (jika tak menyetir). Ditambah lagi, bisa bebas makan dan minum selama perjalanan sehingga puasa tidak terganggu.

- Gunakan pakaian yang nyaman

Jika mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar bisa bergerak bebas. Pastikan juga membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di kendaraan.

- Isi daya ponsel hingga penuh

Sebelum mudik, pastikan sudah mengisi daya baterai ponsel hingga penuh. Hal ini agar memudahkan berkomunikasi dengan keluarga selama perjalanan. Gunakan ponsel untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

- Bawa camilan dan makanan cadangan

Jika perjalanan akan bertemu dengan waktu buka atau sahur, pastikan membawa makanan cadangan dan camilan. Apalagi, jika mudik bersama anak-anak. Camilan dan makanan cadangan wajib tersedia, terutama jika ternyata pemudik terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat. Sebelum berangkat mudik, sebaiknya cukup istirahat agar tetap bugar selama perjalanan.

sumber : https://senandika.republika.co.id/posts/211658/tips-mudik-aman-dan-nyaman-agar-puasa-tetap-lancar
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler