BBC Telusuri Klaim Israel Bunuh 10 Ribu Pejuang Hamas

Israel tidak mampu memberikan angka pasti jumlah pejuang Hamas yang berhasil dibunuh.

Reuters/Ibraheem Abu Mustafa
Pejuang Hamas Palestina
Red: Didi Purwadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Israel mengeklaim telah membunuh 10 ribu pejuang Hamas sejak perang Gaza pecah pada 7 Oktober 2023. Namun, apakah benar atau bohong klaim negara penjajah Israel tersebut?

Baca Juga


BBC Verify mengkaji klaim militer Israel (IDF/Israel Defense Force) yang mengatakan bahwa mereka telah membunuh lebih dari 10 ribu pejuang Hamas dalam serangan udara dan operasi darat. Namun, ada kekhawatiran mengenai apakah mereka mampu memisahkan pejuang Hamas dari warga sipil biasa.

‘’BBC Verify telah berulang kali menanyakan rincian metodologi IDF dalam menghitung kematian pejuang Hamas, tetapi mereka belum memberikan tanggapan. BBC mencoba mengumpulkan gambaran yang lebih lengkap melalui klaim dan video yang diterbitkan oleh Israel,’’ tulis BBC dalam artikel berjudul ‘Israel Gaza: Checking Israel's claim to have killed 10,000 Hamas fighters', Kamis (29/2/2024).

Analisa Klaim. BBC Verify mencoba mencari kebenaran atau jawaban dengan menganalisa komentar klaim dari beberapa pejabat Israel. Kesimpulannya, Israel tidak mampu memberikan angka pasti terkait jumlah pejuang Hamas yang berhasil mereka bunuh.

‘’Referensi mengenai jumlah pejuang Hamas yang tewas dalam pengumuman klaim Israel ini lebih bersifat sporadis dan perkiraan. Ini berbeda dibandingkan dengan update informasi terbaru mengenai jumlah korban jiwa yang rutin disiarkan oleh Kementerian Kesehatan Hamas,’’ tulis BBC.

Pernyataan klaim Israel soal jumlah tewas pejuang Hamas selalu berbeda-beda. IDF sebelum perang mengatakan bahwa Hamas.....

Pernyataan klaim Israel soal jumlah tewas pejuang Hamas selalu berbeda-beda. IDF sebelum perang mengatakan bahwa Hamas memiliki sekitar 30 ribu pejuang di Gaza. Pada bulan Desember, IDF menggambarkan bahwa mereka membunuh dua warga sipil untuk setiap pejuang Hamas sebagai hal yang ‘sangat positif’.

Pada 29 Desember 2023, juru bicara IDF Mayor Doron Spielman mengatakan kepada Sky News Australia bahwa 8.000 pejuang Hamas telah terbunuh. Dia mengatakan bahwa angka tersebut didasarkan pada intelijen, interogasi dan pemeriksaan foto satelit.

Pada pertengahan Januari 2024, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengklaim Israel telah menghancurkan dua pertiga resimen pejuang Hamas di Gaza. Pada 19 Februari 2023, Times of Israel melaporkan IDF mengatakan 12 ribu pejuang Hamas telah terbunuh. 

‘’Kami menanyakan angka tersebut kepada IDF. Dalam dua tanggapan terpisah kepada kami, mereka mengatakan bahwa angka tersebut adalah ‘kira-kira 10 ribu’ dan ‘lebih dari 10 ribu’,’’ sebut BBC.

Kedutaan Besar Israel di Inggris pun memberikan jawaban yang berbeda. Mereka mengatakan kepada BBC bahwa jumlah total pejuang Hamas yang terbunuh adalah antara 10 ribu sampai 12 ribu orang.

Analisa Video. BBC Verify meninjau seluruh 280 video yang diunggah ke saluran YouTube IDF dari tanggal 7 Oktober 2023 hingga 27 Februari 2024. Hasilnya...... 

Analisa Video. BBC Verify meninjau seluruh 280 video yang diunggah ke saluran YouTube IDF dari tanggal 7 Oktober 2023 hingga 27 Februari 2024. Hasilnya, BBC Verify menemukan bahwa sangat sedikit yang berisi bukti visual tentang terbunuhnya para pejuang Hamas.

‘’Hanya satu yang diposting pada 14 Desember, yang dimaksudkan untuk menunjukkan mayat para pejuang. Sejumlah video lain menunjukkan para pejuang ditembak,’’ sebut BBC.

BBC Verify juga berusaha menghitung jumlah tewas pejuang Hamas lewat klaim individu di saluran Telegram resmi IDF. BBC Verify menemukan 160 unggahan yang mengeklaim telah membunuh sejumlah pejuang Hamas dengan total 714 korban jiwa.

Namun, ada juga 247 referensi yang menggunakan istilah seperti ‘beberapa’, ‘puluhan’ atau ‘ratusan’ yang terbunuh. Sehingga penghitungan keseluruhan yang berarti, menjadi tidak mungkin dilakukan.

Analisa Demografi. Kementerian Kesehatan Hamas menyebut jumlah korban tewas sedikitnya 30.139 orang. Perincian demografi terakhir yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan pada 29 Februari 2024 menunjukkan bahwa lebih dari 70% korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

‘’Jadi, dengan angka yang menunjukkan bahwa kurang dari 30% dari mereka yang terbunuh adalah laki-laki --beberapa di antaranya mungkin berusia di atas usia berperang-- para ahli akhirnya menjadi bertanya-tanya tentang bagaimana Israel sampai pada klaimnya bahwa mereka telah membunuh 10 ribu pejuang Hamas,’’ sebut BBC Verify.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler