Eks Intelijen Israel: Perang Sebabkan Kegagalan Besar Zionis Israel

Israel membatasi publikasi serangan di Lebanon.

AP Photo/Baz Ratner
Tentara Israel membawa peti mati Sersan. Kelas Satu Nazar Itkin, yang terbunuh dalam operasi darat.
Red: Erdy Nasrul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bukan kemenangan dan kegemilangan yang membanggakan, perang melawan Hamas di Gaza, apalagi Hizbullah di Lebanon, justru menjadi biang kerok kekalahan dan kerugian besar pemerintah zionis Israel. Sebab hal tersebut membawa negeri yang kini dipimpin Benyamin Netanyahu itu jatuh ke dalam keterpurukan.

Tanpa mempertimbangkan akhir dari pertempuran yang sedang berlangsung, "Israel" menghadapi perang tanpa akhir yang akan mengarah pada kegagalan strategis yang menggelegar, yang berpotensi menghancurkan keunggulan relatifnya, demikian peringatan Tamir Hayman, mantan kepala Direktorat Intelijen Militer Israel AMAN.

Hayman menegaskan bahwa "meskipun Hizbullah telah menerima pukulan yang signifikan dan Hamas telah menderita kerusakan yang cukup besar, skenario terburuk masih mungkin terjadi." Pencapaian di medan perang bisa hilang jika Israel tidak mengambil keputusan.

Pernyataan tersebut sejalan dengan pernyataan Shon Revin, mantan pejabat senior di Shin Bet dan letnan kolonel di pasukan cadangan, yang menggarisbawahi bahwa "kemampuan Hezbollah untuk pulih sangat cepat, bahkan meskipun Israel telah menargetkan banyak kemampuannya."

"Selama beberapa hari ini, kita telah melihat berbagai jenderal mengklaim bahwa kita hampir melenyapkan Hizbullah, bahwa kita telah menghancurkan 70% kemampuannya, tetapi itu jelas bukan masalahnya... kita harus memperhitungkannya," mantan pejabat itu mengatakan kepada Saluran 14 Israel .

Revin menggambarkan kelompok Perlawanan Lebanon sebagai "sebuah organisasi kuat dengan komando terstruktur, terorganisasi dengan baik, diperlengkapi, dipersenjatai, dan dilatih."

Mantan pejabat Shin Bet itu juga menyatakan keraguannya bahwa serangan yang dilancarkan terhadap Hizbullah akan menundukkan kelompok itu, dengan mengatakan, "Bahkan jika kita menyerang rantai komando dan kontrol dengan keras, mereka masih memiliki kemampuan yang signifikan."

Tentara Israel ditandu dan diserang peluru

Pejuang Hizbullah terlibat dalam konfrontasi sengit dengan pasukan penjajah Israel di al-Qawzah, Lebanon selatan, yang menimbulkan kematian dan cedera pada tentara penjajah Israel.

Baca Juga


Pejuang dari Perlawanan Islam di Lebanon terlibat dalam konfrontasi sengit dengan pasukan penjajah Israel di dekat kota al-Qawzah pada pukul 5:00 sore pada hari Rabu, menurut pernyataan dari Media Militer.

Hizbullah bertempur dari jarak dekat, menggunakan berbagai jenis senapan mesin, yang mengakibatkan beberapa kematian dan cedera di kalangan pasukan penjajah.

Koresponden Al Mayadeen di Lebanon Selatan mengonfirmasi bahwa Hizbullah telah menyergap pasukan Israel di al-Qawzah, yang menyebabkan jatuhnya korban di antara tentaranya.

Pada pukul 17.40, Hizbullah juga mengumumkan bahwa mereka menargetkan pertemuan tentara penjajah Israel antara kota Odeisseh dan Markaba dengan salvo roket.

Pada saat yang sama, koresponden melaporkan bahwa konfrontasi terus berlanjut di dekat segitiga Ayta al-Shaab-Ramyah-al-Qawzah, dengan helikopter Israel melakukan penerbangan ekstensif di atas area tersebut.

Kabarnya, helikopter Israel melakukan upaya berulang kali untuk mengevakuasi perwira dan prajurit yang tewas dan terluka dari zona pertempuran di Ayta al-Shaab, Ramyah, dan al-Qawzah, menurut koresponden.

Sementara itu, media Israel melaporkan bahwa sejumlah besar helikopter militer mendarat di beberapa rumah sakit.

Laporan media Israel mengindikasikan bahwa delapan helikopter mendarat di Rumah Sakit Rambam di Haifa, sementara yang lainnya tiba di rumah sakit Beilinson dan Tel Hashomer.

Sebanyak 44 tentara dievakuasi ke Rambam, dan lima lainnya ke Beilinson, setelah penyergapan dan konfrontasi di Lebanon Selatan , menurut Channel 13 .

Militer penjajah Israel memberlakukan sensor yang mencegah publikasi rincian lebih lanjut tentang "insiden keamanan berat" di Lebanon Selatan.

Ketika konfrontasi di al-Qawzah terus berlanjut, dan Hizbullah terus menangkis serangan berulang pasukan penjajah, yang menimbulkan lebih banyak korban, pasukan Israel belum mencapai ketinggian strategis yang dianggap kritis oleh tentara Israel dalam pertempuran tersebut, menurut koresponden Al Mayadeen di Lebanon Selatan.

Kemudian pada malam harinya, penjajajah Israel mengakui bahwa 5 tentara dan perwira penjajah Israel tewas selama konfrontasi di sepanjang front utara tanpa menyebutkan secara spesifik daerah tempat mereka terbunuh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler