Jumat 27 Mar 2020 10:43 WIB

Kantor, Lokasi Utama Penyebaran Virus dan Bakteri

Kantor terkenal sebagai lokasi utama penyebaran virus dan bakteri.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Ruang rapat Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/3/2020). Kantor terkenal sebagai lokasi utama penyebaran virus dan bakteri.
Foto: Antara/Arif Firmansyah/
Ruang rapat Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/3/2020). Kantor terkenal sebagai lokasi utama penyebaran virus dan bakteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anjuran bekerja di rumah telah dilakukan di berbagai belahan dunia menyusul merebaknya pandemi Covid-19. Demi memperlambat penyebaran Covid-19, pekerja dianggap lebih aman terisolasi di rumah daripada harus ke kantor dengan menggunakan transportasi yang penuh sesak.

Pelarangan bekerja di kantor terpusat bukan hanya tindakan pencegahan. Dilansir laman BBC, Kamis (26/3), kantor merupakan salah satu situs utama untuk penyebaran virus dan bakteri.

Baca Juga

Betapa tidak, ada saja rekan kerja yang tetap masuk saat bersin-bersin dan batuk. Si sakit kemudian menularkan virus apa pun yang mereka miliki kepada temannya di kantor. Siklus pun kemudian akan terus berlanjut.

Para peneliti mengungkapkan bahwa virus, kuman, dan bakteri menyebar dengan mudah di kantor. Direktur penelitian kelembagaan dan inisiatif strategis di North Carolina School of Science and Mathematics, Krissi Hewitt, telah meneliti keragaman dan melimpahnya kehidupan mikroba di kantor.