REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merebaknya virus Corona yang melanda sejumlah negara tidak menyurutkan industri otomotif untuk meluncurkan produk terbarunya. Seperti yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang secara virtual meluncurkan sebuah produk urban SUV dengan ubahan terbaru, yaitu New Ignis.
Terdapat sejumlah perubahan tampilan kendaraan yang membidik pasar kalangan milenial muda ini. Seperti sisi eksterior yang menjadikannya sebagai Urban SUV seperti desain bumper depan dan diffuser, grille, fog lamp dan bezel, serta desain bumper belakang yang kini hadir dengan rear reflector dan diffuser. Pada sisi interior, terdapat perubahan dengan adanya new seat cover design. Selain itu, tampilan kunci New Ignis juga hadir dengan bentuk baru yang lebih keren.
Kendaraan yang masih didatangkan secara utuh dari India ini memang dirancang khusus untuk memenuhi pasar Indonesia yang berbeda dengan negara lain. Dari segi dimensi, New Ignis tetap hadir dengan dimensi yang sama yaitu 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm.
Di dapur mesin, ia dlengkapi mesin K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm, wheelbase sepanjang 2.435 mm, "New Ignis yang kini tampil lebih modern, memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan dan mobilitas, serta ground clearance 180 milimeter yang cukup tinggi di kelasnya," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, Kamis (9/4).
New Ignis juga memiliki fitur-fitur yang menambah kenyamanan serta kemudahan berupa push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and blue tooth phone connection, AC auto climate with heater, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, and 260 litre baggage.
Untuk keamanan pelanggan selama berkendara, New Ignis juga dibekali fitur keselamatan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, ISOFIX, Immobilizer, Pretensioner front seat belt, dan new generation platform HEARTECT.
Dony mengakui predikat sebagai urban SUV telah disematkan ke Ignis sejak kendaraan itu dirancang. Pasar kendaraan city car yang ada saat ini dinilai sudah jenuh karena tidak ada perbedaan dari sebelumnya. Karena itu Ignis harus tampil lebih berbeda.
New Ignis hadir dengan 2 tipe yaitu GL dan GX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). Harga yang ditawarkan mulai Rp 171 juta untuk tipe GL manual hingga Rp 200 juta untuk tipe GX AGS. Pihak PT SIS optimistis bisa menjangkau target pasar 35 persen dari produk Suzuki yang dipasarkan di Tanah Air.
Harold Donnel, Head of Brand Development and Marketing Research PT SIS mengakui dengan social distancing dan kondisi saat ini yang kurang bersahabat, pola komunikasi pemasaran yang dijalankan tidak lagi mengandalkan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, melainkan melalui hubungan pribadi, sosial media serta aktivitas digital lainnya.