Jumat 24 Apr 2020 15:30 WIB

Buat Prosesor Mac, Apple Kurangi Ketergantungan dengan Intel

Apple akan mengurangi ketergantungan dengan Intel

Red: Dwi Murdaningsih
MacBook Pro 13-inci
Foto: Techradar
MacBook Pro 13-inci

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Inc. berencana mulai menjual komputer Mac dengan prosesor utamanya sendiri pada tahun depan. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino California ini sedang mengerjakan tiga dari prosesor Mac-nya sendiri, yang dikenal sebagai sistem on a chip, berdasarkan pada prosesor A14 di iPhone berikutnya.

Prosesor ini akan jauh lebih cepat daripada prosesor di iPhone dan iPad. Inisiatif mengembangkan banyak chip, dengan nama kode Kalamata.

Baca Juga

Apple akan melakukan transisi lebih banyak dari jajaran Mac-nya jauh dari pemasok saat ini Intel Corp. Mitra Apple untuk prosesor iPhone dan iPad, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co akan membangun chip Mac baru dan meminta untuk tidak diidentifikasi sedang mendiskusikan rencana produk pribadi.

Komponen akan didasarkan pada teknik produksi lima nanometer. Ukuran tersebut sama seperti yang akan digunakan di iPhone berikutnya dan iPad Pro. Namun, seorang juru bicara Apple menolak berkomentar, seperti yang dilakukan Intel dan TSMC.