Sabtu 23 May 2020 09:16 WIB

Mengenal Cordyceps, Jamur yang Berpotensi Tangkal Corona

Cordyceps militaris telah lama dipakai sebagai obat tradisional China.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Jamur Cordyceps merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat antivirus, immunomodulator, antiinflamasi, dan antioksidan.
Foto: India Mart
Jamur Cordyceps merupakan salah satu bahan alami yang memiliki manfaat antivirus, immunomodulator, antiinflamasi, dan antioksidan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Berdasarkan kajian, jamur Cordyceps militaris disinyalir memiliki potensi sebagai penangkal serangan virus dalam tubuh. Cordyceps militaris merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat seperti antivirus, immunomodulator, antiinflamasi, dan antioksidan.

“Walaupun masih diperlukan berbagai penelitian lanjutan dan belum sampai pada uji klinis, Cordyceps militaris memiliki potensi yang sangat baik untuk membantu menangkal virus, salah satunya virus corona,” ujar Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang juga pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Malang, Prof Widodo PhD MedSc, dalam webinar Kekuatan Bahan Alami untuk Memperkuat Imunitas Tubuh yang diselenggarakan oleh PT Kalbe Farma Tbk, belum lama ini.

Baca Juga

Widodo menjelaskan, secara alami Cordyceps ditemukan di Tibet, pegunungan Himalaya. Jamur itu kemudian menyebar sampai China dan Korea.

Awalnya, menurut Widodo, Codyceps sifatnya jamur endofit, yakni jamur yang memanfaatkan serangga untuk tumbuh. Dengan teknologi mutakhir, jamur itu bisa ditumbuhkan dengan manfaatkan teknologi kultur jaringan.