Senin 01 Feb 2021 18:02 WIB

Bekal Ihsan Untuk Generasi Masa Depan

Ihsan seakar kata dengan kata hasan yang artinya baik atau kebaikan.

Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ibu dan Anak
Foto:

Ihsan seakar kata dengan kata hasan (baik/ kebaikan). Sehingga, penanaman nilai-nilai kebaikan (moral value) bisa kita terapkan dalam pengasuhan.

Saat anak ‘melawan’ apa yang orangtua perintahkan, mencari sebab-sebab lain yang memicu anak berbuat demikian, bisa menjadi jawaban daripada harus membentak anak di waktu bersamaan karena boleh jadi ia melakukan itu di luar kesadaran. Bisa jadi pula karena pergaulan atau bahkan pengaruh tontonan.

Ihsan juga bisa diterapkan mengingat dalam hadits shahih disebutkan bahwa ihsan ialah ‘perasaan selalu diawasi’ oleh Allah yang dalam contoh konkritnya ialah saat kita melaksanakan shalat. Memang, kita tidak mampu melihat Allah, tapi sadarlah bahwa Allah senantiasa melihat hamba-Nya.

Perasaan selalu ‘diawasi’ ini perlu diajarkan pelan-pelan pada anak agar ia sadar  segala bahwa setiap perbuatan yang ia lakukan ada ganjaran dan balasan. Ia pula yang akan menanggung konsekuensinyaatas apapun yang ia lakukan.

Dengan pendekatan ihsan (ihsan apporachment) dalam pengasuhan, bukan hanya orangtua yang merasa perlu berhati-hati dalam menanamkan nilai-nilai keseharian dan terus belajar tentang iman dan pengasuhan, namun juga perasaan khasyah (takut) pada Allah karena merasa selalu ‘diawasi’ dalam setiap tindakan.

Dengan perasaan tersebut, semoga terlahir kesadaran dan ghirah untuk meningatkan amal kebaikan. Sehingga, dengan kesadaran penuh orangtua bahwa anak bukan saja sebagai 'musuh, ujian dan perhiasan' namun juga bisa naik ke derajat qurrata a’yun, menjadi penyejuk jiwa karena iman dan taqwa. 

Tentu, untuk naik ke derajat 'qurrata a'yun', anak tak cukup hanya perlu dibekali dengan makanan padat gizi, tapi juga pengetahuan tentang ketuhanan; Allah sebagai Tuhan yang mencipta dirinya dan kepada-Nyalah semua amal bermuara. Bismillah, semoga Allah memudahkan kita semua. Aamiin…

*Penulis Buku, Dosen

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement