Jumat 04 Jun 2021 00:05 WIB

Manfaat Ikan Sarden yang Jarang Diketahui

Ikan sarden sering kali ditemukan sebagai olahan kalengan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Ikan sarden sering kali ditemukan sebagai olahan kalengan.
Foto: Pixabay
Ikan sarden sering kali ditemukan sebagai olahan kalengan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat akrab dengan olahan ikan sarden untuk dikonsumsi. Ikan sarden juga sering kali ditemukan sebagai olahan kalengan. Namun sedikit yang tahu bagaimana manfaat dari sarden untuk tubuh.

Sarden diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Ini adalah asam lemak esensial yang harus berasal dari makanan karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Baca Juga

“Sarden mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mencegah penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko penggumpalan darah,” dilansir laman Health Digest, Kamis (3/6).

Selain asam lemak omega-3, sarden juga kaya akan vitamin dan mineral. Ini termasuk vitamin B-12, vitamin D, zat besi, kalium, seng, niasin, fosfor, dan magnesium. Sarden juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan asupan kalsium Anda tanpa produk susu. Alhasil, ikan ini mengandung jumlah protein yang cukup per porsi untuk membuat kenyang dan membantu membangun otot.

Manfaat sarden tidak hanya berhenti pada kandungan vitamin dan mineralnya saja. Sarden biasanya ditangkap di alam liar dan harganya sangat terjangkau. Ikan itu  juga mengandung beberapa tingkat merkuri terendah dari ikan manapun (melalui Klinik Cleveland).

"Karena sarden lebih mungkin ditangkap secara berkelanjutan, mereka adalah pilihan yang aman untuk wanita hamil dan menyusui," kata Julia Zumpano, RD, LD, kepada Cleveland Clinic.

Untuk opso olahan kalengan, sebenarnya baik-baik saja selama orang memperhatikan kandungan natrium dan tidak melebihi dosis yang disarankan untuk hari itu. Sarden memiliki rasa yang kuat yang mungkin tidak disukai semua orang. Untungnya, tekstur ikan ini lembut dan dapat dengan mudah dipadukan dengan makanan lain untuk membuat rasanya lebih enak. 

Pasangkan sarden dengan alpukat untuk mengurangi rasa umami atau tambahkan ke dalam quiche dengan banyak bahan lainnya (melalui The Kitchn). Jika menyukai rasanya, maka bisa memakannya polos atau ditambah dengan perasan lemon. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement