Sabtu 07 Aug 2021 06:02 WIB

Otomatisasi Atur Pakan Ikan Lele Berbasis Website

Pemberian pakan ikan berpengaruh pada pertumbuhan sekaligus kehidupan ikan lele.

Red: Irwan Kelana
Melalui website sederhana, kita bisa mengatur jadwal pemberian pakan ikan lele serta volume pakan yang akan diberikan.
Foto: Dok UM
Melalui website sederhana, kita bisa mengatur jadwal pemberian pakan ikan lele serta volume pakan yang akan diberikan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Andrian Eko Widodo

Memelihara ikan bukanlah suatu hobi  baru bagi masyarakat Indonesia. Namun sejak pandemi Covid-19 melanda negara kita, memelihara ikan menjadi hobi  baru bagi sebagian besar orang. Mulai dari ikan hias, ikan cupang, bahkan ikan konsumsi seperti ikan lele.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang sering kita jumpai. Memelihara ikan lele pun, tidak memerlukan teknik yang sulit, kita hanya cukup mengaliri air dan memberikannya pakan.

Pemberian pakan ikan berpengaruh pada pertumbuhan sekaligus kehidupan dari ikan lele. Jika kita telat memberikan makan terhadap ikan, maka ikan lele dapat memangsa ikan lain atau dengan kata lain kanibal. Untuk meminimalisir sifat kanibal pada ikan lele, kita harus rutin dan jangan sampai lupa untuk memberi makan ikan lele. 

Untuk memudahkan para pecinta ikan dan petani ikan lele, dibuatkan sebuah alat yang dapat memberikan pakan ikan secara otomatis dan terjadwal. Alat ini cukup sederhana dan mudah untuk diaplikasikan.

Alat ini terdiri dari Arduino Wemos D1 mini yang sudah terdapat Wifi Board. Arduino berfungsi sebagai otak utama pada alat ini. Selanjutnya ada sensor ultrasonik yang berfungsi untuk mengontrol jumlah pakan yang tersedia pada penampung. Kemudian Motor DC di  sini berfungsi sebagai pelontar makanan. Serta Relay untuk saklar motor DC.

Dari rangkaian alat tersebut dibangun sebuah website sederhana untuk mengatur jadwal pemberian pakan serta volume pakan yang akan diberikan. Sehingga diharapkan dengan adanya alat ini, dapat membantu para pencinta atau pemelihara ikan lele untuk memberi pakan peliharaannya agar tidak lupa di tengah kesibukan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement