Ahad 08 Aug 2021 16:08 WIB

Apa Pemicu Kebakaran Hutan dan Lahan Hebat di Eropa?

Kebakaran di seluruh Eropa sekitar 55 persen lebih tinggi dibandingkan 12 tahun lalu.

Red: Dwi Murdaningsih
 Helikopter menjatuhkan air di atas api di daerah Varibobi, Athena utara, Yunani, Rabu, 4 Agustus 2021. Pesawat pemadam kebakaran melanjutkan operasi pada Rabu cahaya pertama untuk mengatasi kebakaran hutan besar di pinggiran utara Athena yang melaju ke daerah pemukiman hari sebelumnya, memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka di tengah gelombang panas terburuk Yunani dalam beberapa dekade.
Foto:

Area yang terbakar di wilayah Mediterania dalam kurun 40 tahun terakhir telah sedikit berkurang. Hal ini terutama karena adanya upaya pengendalian kebakaran yang lebih efektif, demikian laporan Badan Lingkungan Eropa (EEA).

Namun, pemanasan global meningkatkan frekuensi dan tingkat keparahan kondisi cuaca kebakaran secara global. Mau tidak mau, perubahan iklim telah meningkatkan risiko kebakaran hutan di seluruh Eropa, termasuk wilayah tengah dan utara yang biasanya tidak rawan kebakaran.

Rekor kekeringan dan gelombang panas saat ini di seluruh wilayah Mediterania mengingatkan akan peristiwa tahun 2018 ketika "lebih banyak negara mengalami kebakaran besar daripada sebelumnya," menurut EEA.

Di Yunani, lebih dari 100 orang tewas dalam apa yang disebut sebagai kebakaran Attica pada tahun 2018 - peristiwa kebakaran paling mematikan dalam kedua abad ini setelah kebakaran Sabtu Hitam 2009 di Australia.

"Perluasan daerah rawan kebakaran dan musim kebakaran yang lebih lama, diproyeksikan akan terjadi di sebagian besar wilayah Eropa," kata EEA.

Emisi karbon tidak menurun cukup cepat untuk membatasi pemanasan ini, meskipun ada kesepakatan iklim seperti Kesepakatan Hijau Eropa dan Kesepakatan Iklim Paris.

“Mereka membuat rencana, mereka menentukan tujuan, tetapi mereka tidak benar-benar bertindak,” kata Mojib Latif, seorang ilmuwan iklim di Helmholtz Center for Ocean Research.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement