Sabtu 18 Sep 2021 10:19 WIB

Kondisi Mata Bisa Gambarkan Risiko Demensia?

Studi tidak membuktikan bahwa masalah penglihatan menyebabkan demensia.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Demensia (ilustrasi)
Foto:

"Mungkin ada efek tambahan penyakit mata dan sistemik. Pasien harus menggunakan hasil penelitian ini sebagai pengingat pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara teratur dengan dokter mata Anda, terutama seiring bertambahnya usia," kata dia.

Dalam studi baru, kelompok Shang mengumpulkan data lebih dari 12.300 orang dewasa Inggris, usia 55 sampai 73 tahun yang mengambil bagian dalam studi Biobank Inggris.  Para peserta dinilai antara 2006 dan 2010 dan ditindaklanjuti hingga awal 2021.

Selama waktu itu, lebih dari 2.300 orang mengembangkan demensia. Para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memiliki kondisi penglihatan pada awal penelitian, risiko demensia 26 persen lebih tinggi di antara mereka yang mengalami degenerasi makula terkait usia, 11 persen lebih tinggi pada mereka yang menderita katarak, dan 61 persen lebih tinggi pada mereka yang menderita katarak.  

Mereka yang menderita penyakit mata terkait diabetes.  Glaukoma tidak dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer tetapi dikaitkan dengan risiko demensia vaskular yang lebih tinggi, seperti yang dapat terjadi setelah stroke.

 

Peserta yang menderita diabetes, penyakit jantung, stroke dan depresi bersama dengan masalah penglihatan memiliki risiko demensia yang lebih besar seperti halnya mereka yang memiliki lebih dari satu masalah penglihatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement