Senin 08 Nov 2021 13:04 WIB

Penyelamatan Es di Benua Arktik Ditentukan di KTT Glasgow

Ilmuwan percaya pemanasan Arktik telah berkontribusi terhadap bencana cuaca di dunia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Greenland
Foto:

Perjanjian Iklim Paris 2015 menetapkan tujuan membatasi pemanasan Bumi hingga 1,5 derajat Celcius di atas suhu pra-industri, atau, jika gagal, menjaganya di bawah 2 derajat Celcius. Kini, menurut catatan dunia telah menjadi lebih hangat 1,1 derajat Celcius sejak akhir 1800-an.

Perbedaan antara apa yang terjadi pada 1,5 derajat dan 2 derajat dapat menghantam Arktik lebih keras daripada bagian dunia lainnya, ilmuwan iklim  University of Alaska Fairbanks John Walsh, anggota tim pemantau Arktik mengungkapkan. “Kita bisa menyelamatkan Arktik atau setidaknya melestarikannya dengan banyak cara, tapi kita akan kehilangan itu jika kita melampaui 1,5 (derajat),” kata dia.

Stroeve mengatakan Arktik telah melewati pemanasan 2 derajat Celcius. Suhu di sana mendekati 9 derajat Celcius dari pemanasan pada November.

Pemanasan Arktik bukan hanya masalah bagi orang-orang yang tinggal di Arktik. Ini menimbulkan masalah bagi daerah yang lebih jauh ke selatan.

Semakin banyak penelitian menghubungkan perubahan Arktik dengan perubahan aliran jet- sungai udara yang menggerakkan cuaca dari barat ke timur- dan sistem cuaca lainnya.

Perubahan itu, kata para ilmuwan, dapat berkontribusi pada peristiwa cuaca yang lebih ekstrim, seperti banjir, kekeringan, pembekuaan Texas pada Februari, atau kebakaran hutan yang lebih parah. Selain itu, mencairnya lapisan es dan gletser dapat menambah naiknya permukaan laut.

 

“Nasib tempat-tempat seperti Miami terkait sangat erat dengan nasib Greenland. Jika Anda tinggal di Topeka, Kansas, atau jika Anda tinggal di California. Jika Anda tinggal di Nigeria, hidup Anda akan terpengaruh. .... Arktik penting di semua tingkatan,” kata David Balton, Komite Pengarah Eksekutif Arktik Amerika Serikat (AS) dan berurusan dengan negara negara utara lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement