Selasa 23 Nov 2021 13:44 WIB

6 Makanan Jepang yang Justru tak Populer di Jepang

Beberapa makanan Jepang populer di luar negeri, tapi rupanya tak umum di negaranya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan Jepang yang justru tidak populer di Jepang (ilustrasi).
Foto: pixabay
Makanan Jepang yang justru tidak populer di Jepang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelezatan makanan khas Jepang berhasil merebut hati banyak orang di berbagai negara. Tak heran bila makanan khas Jepang menjamur di mana-mana. Namun di antara banyaknya hidangan khas Jepang, ada beberapa "makanan Jepang" populer yang ternyata tidak umum ditemukan di Negeri Sakura.

"Merupakan sebuah miskonsepsi bajwa orang-orang Jepang mengonsumsi sushi setiap hari. Orang-orang Jepang mengonsumsi sushi untuk perayaan atau acara spesial," ujar Executive Chef Kata Robata di Houston, Manabu "Hori" Horiuchi, seperti dilansir di Eat This Not That, Selasa (23/11).

Baca Juga

Hal senada diungkapkan oleh Direktur Kuliner Marugame Udon, Chef Akinobu Matsuo. Chef Matsuo mengatakan, sajian masakan yang paling umum dikonsumsi orang Jepang adalah satu set makanan yang terdiri dati nasi putih, sup miso, dan menu utama yang biasa disebut sebagai makanan pendamping.

Di luar negara Jepang, beragam sajian makanan khas Jepang biasanya dibuat dengan menyesuaikan selera dan "lidah" penduduk setempat. Sering kali, hal ini melahirkan kreasi menu makanan baru yang terlihat bernuansa Jepang namun sebenarnya tak umum di Jepang.