Jumat 11 Feb 2022 14:45 WIB

Terdeteksi pada Rusa, Ilmuwan Khawatir Omicron akan Berkembang Biak

Omicron dikhawatirkan berkembang biak pada populasi rusa dan menginfeksi manusia.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Omicron dikhawatirkan berkembang biak pada populasi rusa dan menginfeksi manusia (Foto: ilustrasi rusa)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Omicron dikhawatirkan berkembang biak pada populasi rusa dan menginfeksi manusia (Foto: ilustrasi rusa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti di Penn State mengkonfirmasi kasus pertama varian omicron menginfeksi hewan liar. Mereka menemukan strain virus corona bermutasi pada beberapa rusa berekor putih di Staten Island, NY.

Para peneliti, yang belum mempublikasikan temuan mereka, menemukan omicron pada rusa ini menimbulkan kekhawatiran bahwa variasi baru Covid-19 dapat berkembang biak dalam populasi rusa dan menginfeksi kembali manusia. Bagaimanapun, Covid-19 adalah virus zoonosis, artinya ditularkan dari hewan ke manusia dalam kasus pertama.

Baca Juga

“Anda dapat membayangkan ini bisa menjadi siklus rusa yang tidak pernah berakhir dan terus-menerus menyebarkan virus di antara mereka sendiri dan mengambil varian baru,” kata ahli mikrobiologi veteriner di Penn State yang memimpin tim peneliti, Suresh Kuchipudi dilansir Fortune, Jumat (11/2/2022).

Rusa bisa menjadi vektor yang sangat bermasalah untuk covid. Hewan-hewan berkeliaran secara luas, pun tampaknya mereka tanpa gejala. Manusia cenderung berinteraksi dengan makhluk yang tampaknya jinak.