Jumat 25 Feb 2022 00:30 WIB

3 Bentuk Komplikasi Ini Mengintai Penyintas Covid-19

Penyintas Covid-19 bergejala ringan pun berisiko mengalami komplikasi.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Pencegahan Covid-19 (ilustrasi). Penyintas Covid-19 yang tadinya hanya bergejala ringan juga berisiko mengalami komplikasi setelah sembuh.
Foto:

Tiga dari masalah yang lebih umum terlihat setelah orang sembuh dari Covid-19 adalah gagal jantung, detak jantung tidak teratur, dan pembekuan darah. Mengetahui tanda-tanda penyakit ini dapat membantu Anda mendapatkan perawatan lebih awal.

Gagal jantung

Tanda paling umum dari gagal jantung adalah sesak napas, yang dapat terjadi baik setelah aktivitas atau saat istirahat. Ini menjadi lebih buruk saat berbaring dan Anda mungkin terbangun di malam hari karena perlu mengatur napas.

Selain itu, seseorang dengan kondisi tersebut cenderung merasa lelah sepanjang waktu. Pergelangan kaki atau kaki juga cenderung bengkak karena penumpukan cairan.

Detak jantung tidak teratur

Ada banyak bentuk irama jantung yang tidak normal, yang disebut aritmia. Gejalanya bisa termasuk pusing, sesak napas, kelelahan, merasa sakit atau lemah.

Anda mungkin menyadari jantung Anda berdetak tidak menentu, mungkin berdebar-debar, atau merasa seperti berdebar-debar. Namun, kondisi tersebut sering kali tidak menunjukkan tanda yang jelas.

Pembekuan darah

Bekuan darah di kaki, tempat yang paling umum terjadinya kondisi ini akan menyebabkan nyeri berdenyut atau kram, bengkak, kemerahan dan rasa hangat. Kaki atau lengan Anda juga akan terlihat berbeda dari yang lain. Bekuan darah yang telah melakukan perjalanan ke dada menyebabkan sesak napas tiba-tiba, nyeri tajam, batuk, atau batuk darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement