Jumat 04 Mar 2022 21:32 WIB

Momentum Teknologi 5G dalam Percepatan Transformasi Digital Indonesia Jelang G-20

Transformasi digital tidak hanya terus berlanjut, tetapi justru mempercepat bisnis.

Red: Karta Raharja Ucu
Jacky Chen, CEO Huawei Indonesia.
Foto:

Komitmen Huawei melalui 'I Do' Huawei

Huawei dikenal karena komitmen kuatnya – baik di sisi teknologi, maupun di sisi manusia. Di Indonesia, komitmen kami sebut dengan semboyan “I Do”, menandakan preferensi kami untuk tindakan nyata dengan dampak nyata.

Pilar ini terdiri dari 4 fokus: “I Do Create” dan “I Do Collaborate” mewakili nilai-nilai kami sebagai penyedia teknologi dan bagian ekosistem TIK Indonesia, sementara “I Do Contribute” dan “I Do Care” menunjukkan keterlibatan kami tidak hanya sebagai perusahaan swasta, tetapi juga sebagai kontributor bagi kepentingan sosial. Melalui empat komitmen ini, kami bertekad untuk menciptakan warisan berharga – yaitu sebagai enabler bagi digitalisasi Indonesia.

Melalui “I Do Create,” kami berkomitmen untuk mengembangkan solusi tercanggih di bidang TIK dan energi terbarukan untuk membantu pemerintah dan bisnis. Bekerja sama dengan pemerintah, akademisi, industri, komunitas, dan pemangku kepentingan lainnya, kami terus berbagi pengalaman, pembelajaran, dan praktik terbaik, termasuk yang berkaitan dengan standar keamanan dan verifikasi global, serta product security baseline Huawei, untuk membantu meningkatkan pengetahuan para pemangku kepentingan kami di Indonesia.

Perubahan positif ke arah 5G hanya dapat terjadi jika kita memiliki pengetahuan yang tepat. Karena kami telah memulai penelitian kami tentang konektivitas 5G sejak awal tahun 2009, maka kami sungguh tengah menguasai pengetahuan mengenai teknologi ini.

Sebagai bagian dari industri TIK, kami tidak puas hanya menjadi penyedia solusi. Masih banyak yang bisa kita sumbangkan, untuk Indonesia dan dunia. Ekosistem teknologi yang berkelanjutan berarti mempersiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk melanjutkan kemajuan ini dengan baik ke masa depan, beberapa dekade dari sekarang.

Sejak diresmikan pada akhir 2020, target Huawei adalah menyiapkan total 100 ribu talenta digital selama 5 tahun. Hanya dalam 14 bulan, menjelang akhir tahun 2021, Huawei Indonesia telah melatih lebih dari 52 ribu talenta digital, atau setara dengan lebih dari setengah target 5 tahunannya. Itulah kontribusi yang ingin kami berikan melalui komitmen kami “I Do Contribute.”

Yang terakhir melalui “I Do Care,” kami hendak berkontribusi bagi masyarakat. Melalui komitmen ini, kami menjadi satu dengan komunitas dan budaya Indonesia. Setiap tahun, Huawei menyelenggarakan acara amal selama bulan puasa Ramadhan dan Idul Adha untuk berkontribusi kepada mereka yang membutuhkan, seperti panti asuhan di 15 kota di Indonesia.

Inisiatif ini selalu melibatkan 2.000 karyawan Huawei di 4 wilayah kerja yang kebanyakan adalah warga negara Indonesia. Komitmen ini dilandasi oleh keyakinan bahwa kita ada di Indonesia, untuk Indonesia dan untuk Indonesia.

Mengingat Presidensi Indonesia pada KTT G20 2022, kami siap untuk membantu dan menawarkan lebih banyak dukungan, memastikan keberhasilan KTT bagi Indonesia dan dunia.

Dari Indonesia bagi Dunia: Arti Presidensi G20 2022

G20 merupakan wadah peleburan penting antara apa yang disebut 'negara-negara utara ' dan 'negara-negara selatan' – masing-masing membagi dunia menjadi bagian yang maju dan bagian dunia berkembang. Peleburan ini penting agar negara-negara berkembang, seperti Indonesia, juga memiliki pengalaman yang dapat disumbangkan bagi dunia.

Khususnya dalam 5G, Indonesia dapat mendorong perluasan adopsi 5G kepada negara anggota G20 dan akhirnya ke seluruh penjuru dunia. Kombinasi transformasi ekonomi digital yang ditopang teknologi 5G, ditambah dengan pengembangan energi hijau, menghadirkan peluang besar bagi dunia kita di masa depan.

KTT tinggal 8 bulan lagi. Huawei berharap agar gelaran G20 sukses dengan Indonesia sebagai tuan rumah tahun ini, dan menghasilkan diskusi yang akan bermanfaat dan membawa Indonesia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas, lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement