Kamis 17 Mar 2022 04:00 WIB

Tanda Demensia Dini Bisa Terlihat Saat Usia 40-an: Ada Perubahan Kepribadian

Demensia dini bisa terjadi, gejalanya bisa muncul sejak usia 40-an.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perubahan samar pada kepribadian seseorang di usia 40-an dapat menjadi pertanda demensia dini.
Foto:

Protein beracun tersebut mengganggu pengiriman pesan di otak. Namun, dalam sebagian besar kasus, penyebabnya "tidak jelas" dan kemungkinan merupakan kombinasi dari faktor genetik dan pilihan gaya hidup.

Faktor risiko demensia antara lain merokok, minum alkohol berlebihan, gaya hidup tidak aktif, pola makan yang tidak sehat, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. Untuk meringankan gejalanya, ada beberapa pilihan pengobatan.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Contoh obatnya antara lain inhibitor kolinesterase, seperti donepezil, rivastigmine, dan galantamine. Perlu diperhatikan bahwa obat-obatan tidak menyembuhkan kondisi demensia, tapi hanya membantu meringankan gejala.

Seseorang tentunya harus didiagnosis terlebih dahulu untuk mendapatkan obat-obatan tersebut. Menurut Dementia UK, rata-rata pasien melakukan dua sampai lima kali sesi konsultasi sebelum mendapatkan diagnosis.

Demensia yang muncul pada usia muda lebih sulit terdeteksi sehingga dibutuhkan rata-rata sekitar empat tahun untuk benar-benar mengetahui kondisinya. Ketika seseorang lebih muda, gejala mungkin lebih dikaitkan dengan stres, gangguan kecemasan, atau menopause, dikutip dari laman Express.co.uk, Rabu (16/3/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement