Jumat 25 Mar 2022 00:30 WIB

Pfizer Rilis Daftar Gejala Efek Samping Vaksin Covid-19, Apa yang Paling Banyak?

Seperti obat dan vaksin lainnya, vaksin Covid-19 Pfizer juga memiliki efek samping.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech. Belum lama ini, Pfizer merilis dokumen efek samping vaksin Covid-19 yang dikembangkannya bersama BioNTech.
Foto:

Jumlah peristiwa yang relevan sebanyak 3.640, sebanyak 1.614 di antaranya kasus serius dan 2.026 lainnya tidak serius. Masalah kesehatan yang terjadi adalah arthralgia (3.525), arthritis (70), rheumatoid arthritis (26), polyarthritis (lima), polyneuropathy, post viral fatigue syndrome, chronic fatigue syndrome (masing-masing empat), dan arthritis bacterial (satu).

photo
Cara mengatasi efek samping vaksinasi Covid-19. - (Republika)

Menurut Johns Hopkins Medicine, gangguan sistem saraf mungkin melibatkan gangguan pembuluh darah seperti strok, serangan iskemik transien (TIA), perdarahan subarachnoid, perdarahan dan hematoma subdural, dan perdarahan ekstradural. Gangguan struktural termasuk cedera otak atau sumsum tulang belakang, Bell's palsy, spondylosis serviks, sindrom carpal tunnel, tumor otak atau sumsum tulang belakang, neuropati perifer, dan sindrom Guillain-Barré.

Gangguan muskuloskeletal terdiri dari penyakit otot, sendi, dan tulang, gangguan autoimun, dan gangguan nonautoimun. Penyakit jaringan ikat termasuk penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis, scleroderma dan lupus.

"Vaksin dapat menyebabkan beberapa efek samping, tapi tidak semua orang mengalaminya," ujar National Health Service (NHS).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement