Selasa 10 May 2022 00:22 WIB

Tiga Perubahan Gaya Hidup Ini Bisa Kurangi Risiko Kanker Hingga 61 Persen

Tiga perubahan sederhana dalam gaya hidup disinyalir bisa kurangi risiko kanker.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kanker (ilustrasi). Menurut penelitian, kombinasi vitamin D, minyak omega-3, dan olahraga dapat membantu mengurangi risiko kanker.
Foto:

Studi digagas oleh Heike Bischoff-Ferrari dan tim dari Universitas Zurich di Swiss. Tujuan mereka adalah menguji intervensi gabungan yang menjanjikan untuk pencegahan kanker sebagai wujud strategi kesehatan masyarakat.

Pengobatan kanker baru bertujuan untuk memblokir berbagai jalur perkembangan kanker dengan menggabungkan beberapa agen. Para peneliti menerjemahkan konsep tersebut untuk pencegahan kanker dan pengurangan risiko kanker.

Hasil penelitian mengungkap bahwa kombinasi olahraga, asupan vitamin D, serta konsumsi omega-3 secara kumulatif mengurangi risiko kanker invasif. Manfaatnya kecil secara individual, tapi jika digabungkan potensinya jadi optimal.

"Ini adalah uji coba terkontrol secara acak pertama yang menunjukkan bahwa kombinasi vitamin D3 harian, suplemen omega-3, dan program latihan sederhana di rumah mungkin efektif dalam pencegahan kanker invasif di antara orang dewasa berusia 70 tahun ke atas yang umumnya sehat dan aktif," kata Bischoff-Ferrari, dikutip dari laman Express, Senin (9/5/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement