Rabu 29 Jun 2022 15:21 WIB

Mengajarkan Menabung Belum Tentu Bikin Anak Pintar Kelola Uang

Anak perlu diajarkan literasi keuangan sejak dini, bukan cuma dengan menabung.

Red: Reiny Dwinanda
Ibu mengajarkan anaknya untuk berhemat dan menabung (Ilustrasi). Literasi keuangan harus diajarkan kepada anak sejak dini.
Foto:

Menurut Annisa, akan lebih gampang kalau uangnya sudah berbentuk digital. Ia menilai, kemajuan teknologi saat ini sangat berguna sekali untuk mengajarkan ke anak-anak cara mengelola keuangan dengan lebih baik lagi.

Setelah mengajarkan kepada anak tentang konsep menggunakan uang, Annisa menjelaskan bahwa anak dengan sendirinya akan mengerti dan menerapkan sikap berhemat dan menabung. Tak hanya itu, anak juga dapat lebih mengerti bahwa apa yang dia inginkan tidak dapat dibeli sekarang juga sehingga akan menumbuhkan sikap sabar untuk menunggu tabungannya cukup.

"Nanti secara natural anak juga akan sadar nabung kok. Dia akan ngerti bahwa uangnya belum cukup, secara natural dia akan tahu bahwa dengan menabung baru dia bisa beli apa yang dia mau. Akhirnya, dia juga akan sadar bahwa nggak semua harus dibeli sekarang dan memang semua barang yang dibeli itu harus sesuai kemampuan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement