Kamis 07 Jul 2022 14:47 WIB

Jarum Pentul Tertelan-Tersangkut di Saluran Napas, Dokter Bantu Keluarkan tanpa Bedah

Seorang warga Depok tak sengaja menelan jarum pentul saat merapikan hijabnya.

Red: Reiny Dwinanda
Jarum pentul (Ilustrasi). TIm dokter RSUP Persahabatan berhasil mengeluarkan jarum pentul yang tertelan saat seorang perempuan merapikan hijabnya sambil menjepit jarum pentul di bibirnya.
Foto:

Dalam acara yang sama, Direktur Utama RSUP Persahabatan Agus Dwi Susanto mengatakan insiden benda asing di saluran napas pasien bukan kali pertama terjadi. Dalam sebulan, tim medis menangani rata-rata satu, bahkan lebih pasien yang dirujuk dari berbagai rumah sakit di daerah.

"Kami juga mendapatkan kasus tersendat benda asing, tidak hanya tersedak jarum pentul, kadang pada anak main kelereng, mainan kecil, gigi palsu, kacang, sisa permen, bagian belakang tutup bolpoin hingga peluit," katanya.

Namun, tidak semua tindakan pengangkatan benda asing dalam saluran napas bisa dilakukan tanpa mekanisme bedah. Salah satunya pada kejadian pasien tersedak jarum tanpa pentul berdimensi kecil atau penanganan peristiwa tersedak benda asing dalam kurun waktu yang lama.

"Biasanya, tidak semua pasien mau mengaku tersedak benda asing, misalnya pada anak-anak. Jika sulit dijangkau, perlu mekanisme bedah," kata dr Agus.

Pengakuan pasien menjadi kunci awal penanganan medis yang tepat. Sebab, sering kali bercak darah pada pasien yang tersedak benda asing kerap didiagnosis sebagai penyakit TBC.

Menurut dr Agus, RSUP Persahabatan menjadi salah satu rumah sakit rujukan penanganan pengangkatan benda asing dari saluran napas. Sebab, belum seluruh rumah sakit memiliki alat bronkoskopi yang relatif mahal harganya.

"Selain itu, jumlah dokter spesialis paru di daerah pun terbatas jumlahnya," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement