Sabtu 23 Jul 2022 01:00 WIB

Varian Baru Bermunculan, Reinfeksi Covid-19 Bisa Terjadi Secepat Ini

Orang yang sudah pernah kena Covid-19 masih bisa mengalami reinfeksi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Covid-19 (ilustrasi). Kasus reinfeksi masih belum bisa dicegah, namun sebagian besar kasusnya cenderung lebih ringan karena tubuh masih memiliki ingatan respons imun.
Foto:

Meski gejalanya cenderung lebih ringan, kasus reinfeksi bisa memicu masalah kesehatan baru. Sebuah studi dari Washington University School of Medicine menemukan bahwa infeksi Covid-19 berulang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang menetap setelahnya, seperti masalah paru dan jantung serta gangguan pencernaan atau ginjal.

Vaksin dan booster masih bekerja dengan baik untuk melindungi masyarakat dari risiko sakit Covid-19 berat, meski varian-varian baru bermunculan. Vaksinasi dapat memicu respons imun yang lebih kuat dalam mencegah Covid-19 berat, oleh karena itu, pemberian dosis booster menjadi sangat penting.

"Vaksin dan riwayat infeksi sebelumnya masih memberikan perlindungan terhadap sakit berat dan sakit serius, jadi itu sisi baiknya," ungkap ahli epidemiologi penyakit menular dari Stanford Medicine, Julie Parsonnet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement