Selasa 26 Jul 2022 14:38 WIB

Membatasi Jam Makan Bisa Turunkan Kadar Gula Darah Pengidap Diabetes Tipe 2

Studi terbaru ungkap manfaat membatasi jam mengasup makanan bagi diabetesi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Makan sehat (Ilustrasi). Studi terbaru mengungkap bahwa membatasi jam makan dapat membantu menurunkan gula darah tinggi pengidap diabetes tipe 2.
Foto:

Selain diet, penyebab umum gula darah tinggi pada penderita diabetes termasuk karena tidak enak badan dan merasa stres. Terlalu banyak makanan manis atau bertepung dan menjadi kurang aktif dari biasanya juga dapat menjadi pemicu.

 

photo
Jenis-jenis tes gula darah. - (Republika)

Untuk menurunkan kadar gula darah tinggi, NHS menyarankan untuk minum obat diabetes yang mungkin telah diresepkan. Selanjutnya, hindari makanan manis atau bertepung dan aktif berolahraga.

Olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar gula darah tinggi. Jika stres adalah penyebab pembacaan gula darah tinggi, maka mempraktikkan teknik manajemen stres yang sehat dapat membantu. Contohnya ialah yoga, meditasi, dan olahraga.

NHS menganjurkan untuk mengonsultasikan dengan dokter jika Anda telah mencoba menurunkan kadar gula darah tetapi hasil pengukuran masih terlalu tinggi. Demikian pula jika Anda masih memiliki gejala.

"Jika Anda belum didiagnosis dengan diabetes tipe 2, namun Anda menduga memiliki kondisi tersebut, Anda bisa mencoba tes sederhana untuk melihat jumlah gula dalam darah," kata NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement