Selasa 23 Aug 2022 21:05 WIB

Trik Pernapasan yang Dapat Membantu Anda Tidur Lelap Seketika

Teknik ini hanya membutuhkan waktu lebih dari satu menit untuk menyelesaikannya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Trik pernapasan yang dapat membantu Anda tidur lelap seketika. (ilustrasi)
Foto: Republika
Trik pernapasan yang dapat membantu Anda tidur lelap seketika. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu teknik pernapasan sederhana dapat membantu Anda tertidur lebih cepat dan mendapatkan istirahat malam lebih baik secara keseluruhan. Teknik ini hanya membutuhkan waktu lebih dari satu menit untuk menyelesaikannya.

Teknik ini dikenal sebagai pernapasan 4-7-8, dikembangkan oleh dokter terlatih dan pendiri Arizona Center for Integrative Medicine, dr Andrew Weil. "Napas 4-7-8 yang saya ajarkan adalah metode relaksasi paling kuat yang pernah saya temukan," ujar Weil dalam video demonstrasi teknik tersebut seperti dilansir laman Newsweek, Selasa (23/8/2022).

Baca Juga

Ini sangat sederhana, tidak memerlukan peralatan, membutuhkan waktu yang sangat sedikit, tidak ada biaya. Langkah pertama, tarik napas melalui hidung dengan tenang hingga hitungan keempat. Langkah kedua, tahan napas Anda selama tujuh hitungan. Langkah ketiga, keluarkan udara melalui mulut Anda dengan suara dan paksa. Langkah keempat, ulangi proses ini untuk total empat siklus napas.

Kecepatan Anda melakukan teknik ini tidak selalu penting. Yang penting adalah menjaga rasio 4-7-8 antar hitungan. Menurut Weil, ini adalah teknik yang harus Anda latih secara teratur, setidaknya dua kali sehari, untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya.