Rabu 24 Aug 2022 18:45 WIB

Pasien Cacar Monyet Inggris Ikut Uji Coba Pil Tecovirimat

Ilmuwan yang berjasa dalam perawatan Covid-19 lakukan uji coba obat cacar monyet.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ahli farmasi memegang satu boks kapsul obat antivirus Tecovirimat yang dipakai untuk mengobati smallpox (cacar) di Zuckerberg San Francisco General Hospital, San Francisco, AS, Jumat, 29 Juli 2022. Inggris akan mulai melakukan uji coba obat pada pasien cacar monyet untuk pertama kalinya.
Foto:

Jika tes berhasil, tecovirimat yang juga dikenal sebagai TPOXX akan menjadi pengobatan cacar monyet pertama yang teruji di dunia. Co-leader uji coba, Prof Sir Martin Landray, mengatakan TPOXX adalah tablet yang dapat dibawa dengan mudah ke rumah.

photo
Vaksin cacar monyet yang dipakai di AS. - (Republika)

Prof Horby dan Prof Landray sama-sama dianugerahi gelar bangsawan Inggris pada tahun lalu karena jasanya menjalankan uji coba pemulihan perawatan Covid-19. Mereka menemukan bahwa steroid deksametason yang murah dan tersedia secara luas dapat memangkas risiko kematian akibat Covid-19 hingga sepertiga untuk pasien rumah sakit.

Menteri Kesehatan Masyarakat Inggris, Maggie Throup MP, mengatakan bahwa studi yang didanai pemerintah ini merupakan langkah penting untuk menemukan pengobatan yang dapat membantu mempercepat pemulihan mereka yang menderita cacar monyet.

"Dipimpin oleh para ahli yang sama di balik uji coba Pemulihan Covid-19 yang terkemuka di dunia, uji coba pengobatan cacar monyet baru ini akan menguji keefektifan antivirus tecovirimat dalam memerangi penyakit," jelas Throup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement