Rabu 31 Aug 2022 04:07 WIB

Waspada, Ini Lima Tanda Gula Darah Anda dalam Kondisi Sangat Tinggi

Tanda-tanda awal yang Anda rasakan sebaiknya tidak diabaikan.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Qommarria Rostanti
Lima tanda kondisi gula darah Anda dalam kondisi sangat tinggi. (ilustrasi)
Foto: Republika
Lima tanda kondisi gula darah Anda dalam kondisi sangat tinggi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar gula darah menjadi salah satu bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Jika ada ketidakseimbangan dalam kadar gula darah, maka kesehatan Anda berisiko mengalami komplikasi serius seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, dan strok.

"Sederhananya, itu adalah sumber energi utama tubuh. Anda tidak dapat bertahan hidup tanpanya," ujar Direktur Medis Perawatan Urgent dan Dokter, Carbon Health dan Rumah Sakit Saint Mary's, dr Bayo Curry-Wincell, dilansir Eat This Not That, Senin (29/8/2022).

Baca Juga

Gejala awal gula darah tinggi bisa dikatakan tidak kentara, namun tanda awal ini tidak dapat Anda abaikan. Dr Curry-Winchell menjelaskan apa yang harus diwaspadai dan mengapa perlu diwaspadai.

Menurut Cleveland Clinic, hiperglikemia atau glukosa darah tinggi terjadi ketika ada terlalu banyak gula dalam darah. Ini terjadi ketika tubuh memiliki terlalu sedikit insulin (hormon yang mengangkut glukosa ke dalam darah), atau jika tubuh Anda tidak dapat menggunakan insulin dengan benar. Kondisi ini paling sering dikaitkan dengan diabetes. "Jika ini terjadi, angka gula darah Anda akan tinggi," ujarnya.