Sabtu 17 Sep 2022 05:00 WIB

Tanda Kolesterol Tinggi Dapat Muncul Saat Istirahat, Seperti Ini Rasanya

Kolesterol tinggi baru munculkan gejala ketika komplikasi sudah terjadi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi tidur. Kolesterol tinggi dapat memunculkan gejala di kaki pada saat orang sedang beristirahat.
Foto:

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mendeteksi kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah secara berkala. Bila tes darah mengonfirmasi bahwa pasien memiliki kolesterol tinggi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengelola kadar kolesterol.

photo
Kolesterol. - (Republika)

Salah satu upaya tersebut adalah mengonsumsi obat statin secara rutin. Penggunaan obat juga perlu diiringi dengan perubahan gaya hidup, mulai dari pola makan hingga kebiasaan berolahraga.

Pola makan yang dianjurkan untuk pasien kolesterol tinggi adalah pola makan yang minim lemak jenuh seperti sosis, biskuit, dan keju. Pasien kolesterol tinggi juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan serat.

Selain itu, pasien kolesterol tinggi direkomendasikan untuk melakukan olahraga atau latihan fisik secara rutin. Meninggalkan kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol juga dapat membantu kontrol kadar kolesterol.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّمَا غَنِمْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَاَنَّ لِلّٰهِ خُمُسَهٗ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَابْنِ السَّبِيْلِ اِنْ كُنْتُمْ اٰمَنْتُمْ بِاللّٰهِ وَمَآ اَنْزَلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعٰنِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Dan ketahuilah, sesungguhnya segala yang kamu peroleh sebagai rampasan perang, maka seperlima untuk Allah, Rasul, kerabat Rasul, anak yatim, orang miskin dan ibnu sabil, (demikian) jika kamu beriman kepada Allah dan kepada apa yang Kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqan, yaitu pada hari bertemunya dua pasukan. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Anfal ayat 41)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement