Senin 03 Oct 2022 16:24 WIB

Tiga Tanda Kanker Stadium Akhir, Gejalanya Persis Seperti yang Dirasakan Pasien Paliatif

Pengobatan pasien paliatif ditujukan untuk meredakan gejala kanker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Perawatan pasien kanker (ilustrasi). Studi yang dilakukan di unit perawatan paliatif di Taiwan mengungkap tiga gejala yang biasa dirasakan pasien kanker stadium akhir.
Foto:

Di antara 824 pasien yang diamati dengan kanker stadium lanjut, kondisi nyeri, anoreksia, dan konstipasi adalah gejala yang paling umum dan parah. Penting untuk dicatat bahwa gejala-gejala ini juga dapat muncul pada tahap awal penyakit.

Usia peserta juga memiliki pengaruh pada tingkat keparahan gejala yang dialami. Pasien di atas 65 tahun menunjukkan skor yang jauh lebih rendah pada skala nyeri, gangguan tidur, depresi, dan kecemasan daripada mereka yang berusia di bawah 65 tahun.

Selain itu, pasien wanita menunjukkan skor yang lebih tinggi pada skala muntah, anoreksia, edema (pembengkakan), depresi, dan kecemasan daripada pasien pria.

Cara menghadapi kanker stadium lanjut

Ketika didiganosis kanker stadium lanjut, penderita tentu memiliki beragam reaksi dan perasaan yang berbeda. Sebagian mungkin merasa terkejut dan sulit memahaminya.

Sebagian mungkin merasa takut tentang masa depan atau bisa jadi merasa marah dengan keadaan. Menurut Macmillan Cancer Support, perasaan ini biasanya menjadi lebih mudah dikelola seiring waktu, dan saat Anda mulai membuat keputusan dan rencana.

"Pasangan, keluarga, dan teman dapat menjadi sumber dukungan penting saat Anda menghadapi kanker stadium lanjut," kata Macmillan Cancer Support.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement