Kamis 20 Oct 2022 02:55 WIB

XBB, Subvarian Baru SARS-CoV-2 Tampak Lebih Mampu Tembus Sistem Kekebalan

XBB tampak telah meningkatkan kasus Covid-19 di Singapura.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Virus corona (ilustrasi). Pakar kesehatan masyarakat di Johns Hopkins Center for Health Security, Amesh Adalja, mengatakan XBB kemungkinan merupakan subvarian yang paling mampu menghindari sistem kekebalan.
Foto:

UK Health Security Agency (UKHSA) menegaskan salah satu cara terbaik untuk tetap terlindungi adalah dengan mendapatkan vaksin Covid-19. Direktur Clinical and Emerging Infections di UKHSA, Dr Meera Chand , mengatakan pihaknya terus memantau dan menilai semua varian SARS-CoV-2 yang muncul, baik di Inggris maupun di seluruh dunia.

"Saat memasuki musim dingin dan kasus meningkat, pastikan Anda memiliki vaksinasi Covid 19 yang memenuhi syarat dan hindari kontak dengan orang lain jika Anda tidak sehat atau memiliki gejala infeksi pernapasan," kata Chand

Para ahli di Inggris telah menyuarakan keprihatinan dalam sepekan terakhir karena ada indikasi awal bahwa tingkat kematian dengan Covid-19 sudah mulai meningkat. Direktur Program Kesehatan Masyarakat di UKHSA, Dr Mary Ramsay, mengatakan meskipun ini mengkhawatirkan, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah ini kematian akibat Covid 19. Ia meyakinkan bahwa pada tahap ini angka kematian tidak melonjak secara keseluruhan.

"Jika Anda tidak sehat atau memiliki gejala infeksi pernapasan, sangat penting untuk menghindari kontak dengan orang tua atau mereka yang lebih mungkin menderita penyakit parah karena kondisi kesehatan mereka yang berkelanjutan," ujarnya.

Mengenakan masker juga akan membantu menghentikan penyebaran infeksi pernapasan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement