Senin 21 Nov 2022 03:20 WIB

Teleskop Hubble Ungkap Foto Nebula Berbentuk Seperti Lubang Kunci

Ada area yang kosong dan gelap di jantung nebula yang berbentuk seperti lubang kunci.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop Hubble  merilis foto nebula NGC 1999. Ada area gelap di jantung nebula.
Foto: hubble/esa/nasa
Teleskop Hubble merilis foto nebula NGC 1999. Ada area gelap di jantung nebula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini teleskop Hubble merilis foto nebula NGC 1999. Foto yang dirilis pada 24 Oktober 2022 menunjukkan "potret aneh" dari awan gas dan debu yang berputar-putar. Nebula itu merupakan tempat pembentukan bintang, V380 Orion, yang dapat dilihat di tengah gambar.

Fitur paling khas dari foto tersebut adalah ada area yang kosong dan gelap di jantung nebula yang berbentuk seperti lubang kunci. Dilansir dari Space, Ahad (30/10/2022), ketika nebula pertama kali dicitrakan oleh Hubble pada 1999, diyakini bahwa wilayah tengah yang gelap adalah sesuatu yang dikenal sebagai “Bok globule."

Baca Juga

Butiran-butiran ini adalah awan dingin gas, debu, dan molekul lain yang sangat padat sehingga menghalangi cahaya apa pun untuk melewatinya. Kini, setelah pengamatan nebula berikutnya, para astronom mengetahui bahwa wilayah gelap sebenarnya adalah ruang kosong. Saat ini, asal usul fitur lubang kunci ini tidak diketahui.

Nebula diterangi dari dalam oleh bintang baru lahir V380 Orion. Nebula itu sendiri sebenarnya adalah bahan sisa dari pembentukan bintang. Bintang ini berwarna putih karena panas yang hebat di permukaannya, kira-kira 10.000 derajat Celcius, atau dua kali suhu matahari. Massanya diperkirakan 3,5 massa matahari. 

Nebula ini dekat dengan Nebula Orion, yang terletak sekitar 1.500 tahun cahaya jauhnya, di wilayah aktif pembentuk bintang di Bima Sakti. Gambar baru dibuat menggunakan data arsip dari Wide Field Planetary Camera 2 Hubble, yang menggunakan campuran dari ultraviolet, tampak, dan inframerah-dekat (near-infrared sensors).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement