Jumat 16 Dec 2022 14:44 WIB

Tembus Angka 2 Juta Alumni, Bukti UT Dipercaya

Lulusan terbanyak masih didominasi oleh alumni FKIP

Red: Hiru Muhammad
Jumlah alumni Universitas Terbuka (UT) mencapai lebih dari 2 juta orang. Data yang dirilis Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Terbuka (UT) Dr. Milwan S.Sos., M.Si., menunjukkan  sampai bulan Desember 2022 ini jumlah alumni UT tercatat berjumlah 2,000,485 orang, mulai jenjang D2 sampai dengan S2.
Foto: istimewa
Jumlah alumni Universitas Terbuka (UT) mencapai lebih dari 2 juta orang. Data yang dirilis Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Terbuka (UT) Dr. Milwan S.Sos., M.Si., menunjukkan sampai bulan Desember 2022 ini jumlah alumni UT tercatat berjumlah 2,000,485 orang, mulai jenjang D2 sampai dengan S2.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Jumlah alumni Universitas Terbuka (UT) mencapai lebih dari 2 juta orang. Data yang dirilis Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan Universitas Terbuka (UT) Dr. Milwan S.Sos., M.Si., menunjukkan  sampai bulan Desember 2022 ini jumlah alumni UT tercatat berjumlah 2,000,485 orang, mulai jenjang D2 sampai dengan S2.

Adapun lulusan terbanyak masih didominasi oleh alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 74%. Seperti diketahui, UT memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Jumlah ini pun tidak hanya alumni dari mahasiswa di dalam negeri, namun juga di luar negeri.

Baca Juga

Terkait jumlah alumni yang sangat besar dan tersebar di seluruh tanah air, kita berharap semoga alumni UT dapat berkiprah membantu program-program pemerintah dan bangsa dalam meningkatkan kekuatan ekonomi, sosial, dan politik untuk Indonesia yang semakin jaya, ungkap Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D.

Sementara itu, Wakil Rektor Pengembangan Insitusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., menyebutkan bahwa UT memberikan kesempatan bagi semua warga Negara Republik Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah 3T. "Saat ini, ada 2 orang alumni UT dan 3 orang mahasiswa UT aktif yang tinggal di pulau Miangas, pulau terluar di bagian utara Indonesia. Kalau mereka kuliah di perguruan tinggi tatap muka, tidak mungkin karena mereka terkendala geografis. UT yang dapat menjawab tantangan seperti itu."

Lebih jauh, Rektor UT menyampaikan bahwa UT sudah sangat tepat menjadi mitra pemerintah dalam memberikan akses ke perguruan tinggi bagi semua warga negara. "Hanya UT yang dapat mengakselerasi program pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi (APK PT)," kata Ojat.

Harapan Rektor UT ke depan semoga UT semakin dicintai dan menjadi pilihan bagi seluruh warga masyarakat dalam rangka melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Semoga UT menjadi instrumen strategis pemerintah dalam membangun kualitas SDM yang berdaya saing menuju Indonesia Emas.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اِنَّ رَبَّكَ يَعْلَمُ اَنَّكَ تَقُوْمُ اَدْنٰى مِنْ ثُلُثَيِ الَّيْلِ وَنِصْفَهٗ وَثُلُثَهٗ وَطَاۤىِٕفَةٌ مِّنَ الَّذِيْنَ مَعَكَۗ وَاللّٰهُ يُقَدِّرُ الَّيْلَ وَالنَّهَارَۗ عَلِمَ اَنْ لَّنْ تُحْصُوْهُ فَتَابَ عَلَيْكُمْ فَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْاٰنِۗ عَلِمَ اَنْ سَيَكُوْنُ مِنْكُمْ مَّرْضٰىۙ وَاٰخَرُوْنَ يَضْرِبُوْنَ فِى الْاَرْضِ يَبْتَغُوْنَ مِنْ فَضْلِ اللّٰهِ ۙوَاٰخَرُوْنَ يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۖفَاقْرَءُوْا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُۙ وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَاَقْرِضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًاۗ وَمَا تُقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدَ اللّٰهِ ۙهُوَ خَيْرًا وَّاَعْظَمَ اَجْرًاۗ وَاسْتَغْفِرُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ ࣖ
Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwa engkau (Muhammad) berdiri (salat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersamamu. Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an; Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit, dan yang lain berjalan di bumi mencari sebagian karunia Allah; dan yang lain berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(QS. Al-Muzzammil ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement