Ahad 08 Jan 2023 19:17 WIB

Teleskop Hubble Tangkap Pemandangan Indah Ini di Gugus Bintang Terdekat

Gugus terbuka dibedakan dari gugus globular karena lebih terbuka dan struktur terikat

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Lida Puspaningtyas
Small Magellanic Cloud as seen by Hubble.
Foto: ESA/Hubble and NASA, A. Nota, G. De Marchi
Small Magellanic Cloud as seen by Hubble.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Teleskop Luar Angkasa Hubble menangkap pemandangan menakjubkan dari gugusan bintang terbuka di dekatnya yang perlahan-lahan menghilang ke dalam galaksi kerdil di sekitarnya. Foto menunjukkan pemandangan itu bagian dari Awan Magellan Kecil, sebuah galaksi kerdil dari Bima Sakti yang hanya berjarak 200 ribu tahun cahaya dari Bumi dan pasangan yang lebih kecil dari Awan Magellan Besar yang sedikit lebih dekat.

Kedekatannya dengan Bumi memungkinkan kita mengamatinya dengan sangat detail sehingga Hubble dapat melihat kumpulan bintang yang relatif kecil dengan kejelasan yang luar biasa.

Baca Juga

Dilansir dari Space, Ahad (8/1/2022), foto baru Hubble, yang dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) serta Badan Antariksa Eropa (ESA) pada Desember 2022, hanya menunjukkan sebagian kecil dari Awan Magellan Kecil—sebuah gugus terbuka yang disebut NGC 376.

Gugus terbuka dibedakan dari gugus globular karena lebih terbuka dan struktur terikat longgar. Ini yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi bintang individu bahkan di wilayahnya yang paling padat. Gugus globular, sebaliknya, sangat padat sehingga bintang-bintang dapat berada dalam satu tahun cahaya satu sama lain dan cahaya dari bintang-bintang di daerah pusatnya menyatu.