Rabu 18 Sep 2024 16:00 WIB

Sehati untuk Bumi, Republika Pacu Perusahaan Adopsi Praktik Berkelanjutan

Republika menggelar Anugerah ESG sebagai puncak rangkaian Sehati untuk Bumi.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Peserta memungut sampah saat kegiatan aksi Bebersih Leuweung di Gunung Putri, Jayagiri, Lembang, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Peserta memungut sampah saat kegiatan aksi Bebersih Leuweung di Gunung Putri, Jayagiri, Lembang, Jawa Barat, Sabtu (4/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mendukung penerapan praktik Environmental, Social, and Governance (ESG), Republika menggelar serangkaian acara bertajuk Sehati untuk Bumi. Kampanye ini bertujuan mengarusutamakan isu ESG di Indonesia, sejalan dengan upaya menjaga kelestarian lingkungan dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Republika pada pertengahan September menyelenggarakan ESG Summit di Bursa Efek Indonesia. "ESG Summit ini diadakan sebagai ikhtiar kami mengawal isu ESG agar terus menjadi pembicaraan publik. Penerapan ESG sangat penting dalam merawat dan menjaga bumi," ujar Direktur Utama PT Republika Media Mandiri, Nur Hasan Murtiaji, dalam pembukaan ESG Summit pada Kamis (12/9/2024).

Baca Juga

Serangkaian kegiatan telah digelar, termasuk Fun Bike di Yogyakarta yang diikuti 3.000 peserta dengan aksi penanaman pohon, serta Bebersih Leweung di Gunung Putri, Lembang, Bandung. Pada Agustus, Republika juga mengampanyekan Hutan Wakaf di Bandung.

Sebagai bagian dari komitmen mendorong keberlanjutan, Republika juga menggelar workshop Corporate Carbon Accounting for Business Professionals, yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai perusahaan. Acara ini bertujuan membantu perusahaan dalam mengelola laporan emisi gas rumah kaca, sesuai dengan standar internasional dan rekomendasi pemerintah Indonesia.