Rabu 28 Jul 2010 01:07 WIB

Jembatan Ambruk di Cina, 37 Orang Tewas

Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Banjir di sebuah sungai menyebabkan sebuah jembatan yang melintang di atasnya ambruk dan menewaskan sedikitnya 37 orang dan 19 orang terhanyut.  Selain menelan korban jiwa, ambruknya jembatan setinggi 153 meter di Luanchuan, Provinsi Henan ini juga menyebabkan putusnya jalur utama yang menghubungkan dua kota di provinsi itu.

Hujan lebat melanda Cina selama sepekan ini. Tercatat sebanyak 52 orang telah tewas akibat berbagai musibah yang diakibatkan lebatnya curah hujan. Sebanyak 200 ribu orang kini mengungsi untuk menghindari ancaman tanah longsor.

Kantor berita Xinhua melaporkan, sebanyak 21 orang juga hilang akibat bencana tanah longsor di provinsi Sichuan.

Sebanyak 750 orang dilaporkan tewas dalam bencana banjir dan tanah longsor sepanjang tahun ini di negeri Tirai Bambu itu. Hujan lebat dan banjir menjadi langganan Cina tiap tahun, namun kali ini menyebabkan dampak yang lebih berat dan menelan lebih banyak korban jiwa.

Dalam peninjauan lapangan di provinsi Hubei dan Anhui, pemimpin Cina Wen Jiabao menyatakan bencana banjir negeri ini kini berada dalam tahap kritis dan meminta aparat dan warga lebih siap akan kemungkinan terburuk beberapa hari mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement