Rabu 17 Nov 2010 08:48 WIB

Pergerakan Jamaah Mina-Masjidil Haram Mengharukan

Red: Krisman Purwoko
Jamaah haji Indonesia bergerak ke Mina meninggalkan Muzdalifah, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (16/11) dini hari
Foto: antara
Jamaah haji Indonesia bergerak ke Mina meninggalkan Muzdalifah, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (16/11) dini hari

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH--Pergerakan jemaah haji dari Arafah - Muzdalifah - Mina kemudian dilanjutkan ke Masjidil Haram terasa sangat mengharukan lantaran mengalir bagai aliran sungai dari berbagai penjuru ruas jalan mengarah ke satu tempat yang tak ada henti-hentinya.

Diawali perjalanan ritual masuk padang Arafah mulai Sabtu dan Ahad, lalu jutaan manusia mengambil wukuf. Usai itu, jamaah haji bergerak dari Arafah mulai Senin siang dan petang ke Muzdalifah dan berlanjut ke Mina.

Ada sebagian jamaah bergerak ke Masjidil Haram untuk melakukan tawaf ifadha dan sa`i, tapi ada yang langsung ke Mina untuk melakukan jumroh Aqobah. Bagi jamaah yang menyelesaikan tawaf ifadha, Selasa siang melakukan jumroh aqobah dan kemudian mabit di Mina.

Jamaah dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan berada di Mina pada Selasa malam. Mereka akan menyelesaikan jumroh ula, usta dan aqobah pada Rabu malam. Kegiatan ini akan berlanjut terus hingga 18 Nopember 2010. Bagi yang mengambil nafar awal akan selesai pada Kamis (17/11) dan nafar sani pada Jumat (18/11).