REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggandeng perusahaan ritel, Carrefour, untuk meningkatkan distribusi produk perikanan. Kerjasama itu, dipandang KKP sebagai keberpihakan peritel modern terhadap produk segar dan terjangkau.
"Carrefour dengan sistem jaringan logistik dan distribusi kuat diyakini dapat menjadi mitra strategis UKM sektor kelautan dan perikanan dalam mendukung distribusi produk-produk perikanan ke seluruh wilayah nusantara," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (6/3).
Dengan demikian, lanjut Fadel, kerja sama itu akan menjadi sarana UKM perikanan untuk meningkatkan produksi karena adanya dukungan pasar industri ritel modern, baik yang berbentuk hipermarket, supermarket, maupun minimarket.
Ia juga menuturkan, kerja sama dengan industri retail modern menjadi "jembatan" masyarakat dalam mendapatkan produk perikanan yang berkualitas secara mudah dengan harga terjangkau.
Selain itu, ujar dia, Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) yang telah dicanangkan KKP merupakan upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan meningkatkan kesehatan serta kecerdasan masyarakat melalui kegiatan peningkatan konsumsi ikan masyarakat.
Menteri Kelautan dan Perikanan memaparkan, konsumsi ikan nasional pada 2010 telah mencapai 30,47 kg/kapita/tahun, meningkat sebesar 4,78 persen dibanding 2009.
"Untuk meningkatkan gizi dan protein hewani masyarakat, disamping meningkatkan penyerapan produk perikanan di pasar domestik, KKP menargetkan konsumsi ikan nasional sebesar 38,67 kg/kapita/tahun pada 2014," katanya.
Sementara itu, Direktur Utama PT Carrefour, Shafie Shamsuddin mengemukakan, pihaknya telah menggelar "Farmer and Fishermen Week" yang memiliki tujuan untuk mempromosikan produk-produk lokal yang segar dan berkualitas, seperti ikan, sayur dan daging.
Shafie juga mengatakan, perusahaan itu juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan para UKM untuk dapat menembus industri retail modern.
Kegiatan "Farmer and Fishermen Week" secara serentak dilakukan di 81 gerai Carrefour di seluruh Indonesia dan akan berlangsung selama 2 pekan pertama Maret 2011 dan diikuti 37 pemasok dan asosiasi pembudidaya ikan serta petani.