Senin 21 Mar 2011 17:58 WIB

Pakar: Air Sudah Jadi Masalah Sosial

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK--Pakar Tehnik Lingkungan Universitas Indonesia Setyo Sarwanto Moersidik mengatakan air sudah menjadi persoalan kesehatan dan sosial bagi negara berkembang dan misikin di dunia.

"Pasokan air sering terbatas dan juga sumber air sering buruk kualitasnya dan terkontaminasi," katanya, usai usai seminar Pencemaran dan Kualitas Air Minum serta Efek Kesehatan Masyarakat Indonesia di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Depok, Senin.

Menurut dia, pada 2009 sekitar 1,1 miliar (16 persen) penduduk dunia tidak mempunyai akses terhadap aiar minum dan sekitar 2,4 miliar (35 persen) penduduk dunia tidak mempunyai sanitasi yang memadai. Padahal lanjut dia ketersediaan air bersih terkait erat dengan masalah kesehatan, mengurangi kemiskinan, berkurangnya angka kematian anak serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. "Ketersediaan air bersih seringkali menjadi salah satu penyebab kematian penduduk," ujarnya.

Dikatakannya kemampuan PAM DKI Jakarta hanya mampu melayani warganya sebesar 50 persen. Padahal, dalam kurun waktu lima tahun terakhir sekitar 80-90 persen air sumur pantau di DKI Jakarta terkontaminasi bakteri Escherichia Coli (E.Coli).